Kamis 16 Nov 2023 05:54 WIB

Menakar Rencana Besar Barcelona Permanenkan Duo Joao

Joa Felix dipinjam Barcelona dari Atletico, sementara Joao Cancelo dari Man City.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Joao Cancelo (kiri) dan Joao berpose bersama untuk FC Barcelona
Foto: EPA-EFE/TONI ALBIR
Joao Cancelo (kiri) dan Joao berpose bersama untuk FC Barcelona

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Direktur Olahraga Barcelona Deco mengirimkan sinyal soal rencana manajemen klub mengubah status Joao Felix dan Joao Cancelo pada akhir musim ini. Klub asal Katalunya itu berharap bisa merekrut dua pemain asal Portugal itu dengan status permanen.

Dua pemain itu memang datang dengan status sebagai pemain pinjaman pada awal musim ini. Sementara Cancelo dipinjam dari Manchester City, Felix merupakan pinjaman dari Atletico Madrid. Dua pemain itu pun dinilai bisa memberikan dampak positif pada performa Blaugrana, di bawah kendali Xavi Hernandez, pada musim ini. 

Baca Juga

Felix, yang kerap ditempatkan sebagai penyerang lubang, telah mengemas tiga gol dan empat assist dari 14 penampilan bersama Blaugrana pada musim ini. Cancelo, yang dikenal agresif saat membantu serangan sebagai bek sayap kiri, sudah menyumbang dua gol dan satu assist dari 14 penampilan di semua ajang.

Catatan penampilan itu sudah cukup membuat Blaugrana tertarik mengubah status kepindahan dua pemain tersebut. Sejumlah media asal Spanyol menyebut rencana manajemen Barcelona itu sebagai ''Operasi Joao'' merujuk pada nama depan dua pemain tersebut.

Kendati begitu, ada keraguan besar terkait kemampuan Blaugrana mewujudkan rencana tersebut. Keraguan terbesar tentu saja terletak pada kemampuan finansial Blaugrana. Berdasarkan lansiran Marca, Barcelona membutuhkan setidaknya 100 juta euro untuk bisa mengubah status kepindahan duo Joao tersebut.

''Dalam klausul peminjaman dua pemain tersebut, tidak ada klausul opsi perekrutan permanen pada akhir masa peminjaman. Dengan begitu, Barcelona harus bisa membujuk City atau Atletico Madrid untuk bisa Cancelo dan Felix,'' tulis laporan Marca, Rabu (15/11/2023).

City dilaporkan baru bersedia melepas Cancelo dengan biaya transfer sebesar 30 juta euro. Meski sudah tidak masuk dalam rencana permainan pelatih City, Pep Guardiola, pemain berusia 29 tahun itu dinilai bisa memberikan kontribusi buat neraca keuangan The Citizens.

Banderol Felix jauh lebih mahal lagi. Atletico Madrid dilaporkan tidak mau melepas pemain berusia 24 tahun itu dengan banderol transfer kurang dari 70 juta euro. Los Rojiblancos pun berada dalam posisi tawar yang lebih baik lantaran Felix masih terikat kontrak hingga 2029.

Biaya 100 juta euro sebagai biaya transfer kedua pemain itu kemudian akan ditambah dengan gaji yang harus dibayar Blaugrana. Apalagi, baik Cancelo dan Felix dikenal sebagai pemain dengan gaji yang cukup tinggi. 

''Begitu gaji mereka dimasukkan dalam hitung-hitungan, maka perekrutan dua pemain itu menjadi beban finansial yang besar buat Barcelona. Karena itu, sulit buat Blaugrana untuk bisa mewujudkan rencana tersebut,'' lanjut laporan Marca tersebut.

Meski mulai secara perlahan mulai bangkit selepas krisis finansial, beberapa tahun lalu, Barcelona diketahui masih kesulitan untuk memenuhi syarat ambang batas gaji pemain di La Liga. Blaugrana dilaporkan masih berada di 130 juta euro di atas ambang batas gaji pemain tersebut.

Salah satu opsi yang bisa diambil manajemen adalah merekrut secara permanen salah satu dari dua pemain tersebut. Performa pada sisa musim ini dapat menjadi pertimbangan buat Barcelona untuk bisa memilih satu dari dua pemain berbeda posisi tersebut.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement