Jumat 17 Nov 2023 19:46 WIB

Meski Tergolong Pelatih Tua, Ancelotti Klaim Mampu Beradaptasi dengan Perubahan

Ancelotti meraih banyak gelar bergengsi bersama klub top Eropa dari berbagai liga.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Real Madrid
Foto: AP Photo/Luis Vieira
Real Madrid

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Carlo Ancelotti telah menggeluti dunia kepelatihan selama 30 tahun. Dimulai sebagai asisten pelatih timnas Italia, kariernya terus meningkat.

Ancelotti meraih banyak gelar bergengsi bersama klub top Eropa dari berbagai liga mulai dari Liga Champions, Liga Primer Inggris, La Liga Spanyol, dan Serie A Liga Italia.

Baca Juga

Meski pelatih tua, Ancelotti mampu bertahan dan bisa beradaptasi dengan perkembangan. Bahkan pelatih asal Italia ini masih dianggap salah satu yang terbaik. Ancelotti menjadi pelatih asal Italia satu-satunya yang memenangkan lima gelar utama Eropa.

Berbicara di Universitas Eropa Real Madrid, Ancelotti menjelaskan bahwa sepak bola saat ini adalah olahraga yang berbeda dengan yang ia mainkan. Banyak perubahan yang dialaminya sekarang.

“Ini sudah berubah, sedang berubah, dan akan berubah. Baik intensitas maupun aturannya, latihan maupun metodologinya," ujar Ancelotti dilansir dari Football Espana, Jumat (17/11/2023).

Ancelotti yang kini menjabat sebagai pelatih Real Madrid mengatakan, olahraga saat ini berbeda dengan yang dimainkan pada era 1990-an. Menurutnya pemain sekarang lebih profesional.

Ancelotti mengeklaim dengan masih aktifnya di dunia kepelatihan selama 30 tahun itu artinya ia bisa beradaptasi dengan baik terhadap perubahan. Ia mengaku teknologi juga mengubah hidupnya.

"Staf pelatih saya memberi tahu saya bahwa saya sudah tua. Saya menyukai teknologi dan saya mencoba menjadikannya sebagai bantuan dalam pekerjaan saya," katanya.

Ancelotti juga berbagi kiat sukses sebagai pelatih. Ia mengatakan, seorang pelatih harus memiliki pemain cerdas dan mendapatkan dukungan klub.

Kontrak Ancelotti bersama Madrid akan selesai pada akhir musim. Ia diperkirakan akan meninggalkan Santiago Bernabeu dan santer akan menjadi pelatih timnas Brasil.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement