Jumat 17 Nov 2023 21:35 WIB

Brasil Tutup Laga Grup C Piala Dunia U-17 2023 dengan Kemenangan Atas Inggris

Brasil harus rela Inggris menyabet status juara Grup C lantaran kalah jumlah gol.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pesepak bola Timnas Brasil melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang lawan di Piala Dunia U-17 2023.
Foto: ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Pesepak bola Timnas Brasil melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang lawan di Piala Dunia U-17 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brasil mengandaskan perlawanan Inggris dengan skor 2-1 di laga pamungkas penyisihan Grup C Piala Dunia U-17 2023, Jumat (17/11/2023) malam WIB. Tambahan tiga poin dari laga di Stadion Jakarta Internasional (JIS) itu membawa Brasil melaju ke babak 16 besar sebagai runner-up Grup C.

Mengawali kiprah di Piala Dunia U-17 2023 dengan kekalahan mengejutkan dari Iran, juara bertahan Piala Dunia U-17 itu mampu bangkit di dua laga selanjutnya. Setelah mencukur Kaledonia Baru, 9-0, Brasil sukses membunkam Inggris, 2-1. Enam poin dari dua laga membawa Brasil memiliki koleksi poin yang sama dengan Inggris dan Iran.

Baca Juga

Namun, Brasil berhak lolos langsung ke babak 16 besar lantaran unggul jumlah selisih gol dari Iran, yang bertengger di peringkat ketiga klasemen akhir Grup C. Namun, dengan ketentuan yang sama, Brasil harus merelakan Inggris menyabet status juara Grup C lantaran kalah jumlah selisih gol.

Jalannya Pertandingan

Permainan berjalan terbuka dan sengit sejak menit pertama. Kedua tim berusaha untuk mengambil alih kendali permainan dan bergantian dalam melakukan serangan. Namun, dibanding Brasil, serangan-serangan Inggris terlihat begitu menjanjikan. Meski telah memastikan satu tempat di babak 16 besar, Inggris terus tampil menekan.

Peluang emas pertama didapat tim besutan Ryan Garry tersebut via aksi Matty Wathurst. Anggota tim junior Manchester City itu menyambut umpan lambung dari sisi kanan pertahanan dengan sepakan first time. Kendati begitu, bola hasil sepakan first time Warhurst itu masih membentur mistar gawang.

Tidak hanya itu, Inggris kembali mendapatkan peluang emas via sundulan Michael Golding pada pertengahan babak kedua. Penyelamatan gemilang kiper Brasil, Phillipe Gabriel, membuat peluang Golding itu berakhir dengan kegagalan.

Brasil bukan tanpa peluang. Estevao melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti dan sempat membentur tiang gawang. Winger berusia 16 tahun itu kemudian mengawali proses terjadinya gol pertama di laga ini.

Bola hasil sepakan Estevao, yang membentur pemain Inggris, berubah menjadi bola liar di depan gawang Inggris. Kaua Ellias menyambut bola tersebut dan mengarahkan bola ke sisi kiri gawang Inggris tanpa bisa dihalau kiper Tommy Setford. Gol pada menit ke-43 itu membawa Brasil unggul pada babak pertama.

Dari segi catatan statistik, Inggris sebenarnya mengungguli Brasil dalam sejumlah aspek, mulai dari penguasaan bola hingga ancaman ke gawang. Namun, Brasil terbukti lebih efektif dalam memanfaatkan sejumlah upaya serangan.

Brasil tampil jauh lebih baik pada awal babak kedua, terutama dalam hal serangan. Tim besutan Phelipe Leal itu terlihat lebih agresif dan cepat dalam mengalirkan bola ke wilayah pertahanan Inggris. Kampiun Piala Amerika Selatan U-17 2023 itu berhasil menggandakan keunggulan pada menit ke-54.

Sebuah umpan lambung yang diarahkan Lucas Camilo ke dalam kotak penalti berhasil disambar Da Mata. Pemain bertahan Gremio U-20 itu mampu mencuri dan menanduk bola di tengah penjagaan dua pemain bertahan Inggris. Namun, Da Mata menjadi biang keladi robeknya gawang Brasil.

Da Mata melakukan pelanggaran yang berujung pada hadiah penalti buat Inggris. Joel Ndala, yang ditunjuk sebagai eksekutor, berhasil memanfaatkan tendangan penalti tersebut dan mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-71. Hingga akhir laga, tidak ada gol tercipta, dan Brasil pun sukses mempertahankan keunggulan, 2-1.

Susunan Pemain:

Inggris (4-3-3)

Tommy Setford (PG); Josh-Kof Acheampong, Jayden Meghoma, Lakyle Samuel, Harrison Murray-Campbell; Finley McAllister, Michael Golding, Sam Amo-Ameya; Justin Oboavwoduo, Joel Ndala, Matty Warhurst

Pelatih: Ryan Garry

Brasil (4-5-1)

Phillipe Gabriel (PG); Pedro Lima, Vitor Reis, Da Mata, Joao Henrique; Rayan, Lucas Camilo, Dudu, Sidney, Estevao; Kaua Elias

Pelatih: Phelipe Leal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement