Senin 20 Nov 2023 07:57 WIB

Pelatih Spanyol: Cedera Gavi Bukan Karena Akumulasi Pertandingan

Gavi diduga mendapatkan cedera ACL.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Gavi dari timnas Spanyol
Foto: AP/Pavel Golovkin
Gavi dari timnas Spanyol

REPUBLIKA.CO.ID, VALLADOLID -- Pelatih timnas Spanyol Luis De La Fuente menilai, cedera yang dialami Gavi bukan diakibatkan akumulasi pertandingan yang harus dilakoni gelandang Barcelona tersebut. Namun, De La Fuente mengakui, cedera Gavi ini menjadi pukulan berat buat La Roja.

Gavi terpaksa ditarik keluar pada menit ke-26 saat Spanyol menjamu Georgia pada laga pamungkas penyisihan Grup A Kualifikasi Euro 2024, Senin (20/11/2023) dini hari WIB. Gelandang berusia 19 tahun itu harus dipapah dan terlihat menangis saat berusaha keluar dari lapangan.

Baca Juga

Berdasarkan laporan ESPN, Gavi mengalami cedera Anterior Cruciate Ligament (ACL) di lutut kanan. De la Fuente mengungkapkan, Gavi mengalami cedera yang serius di laga tersebut. Saat ini, Gavi diketahui telah bertolak ke Barcelona dengan ditemani Direktur Teknik Timnas Spanyol Albert Luque. 

Rencananya, Gavi akan menjalani pemeriksaan lanjutan bersama tim medis Barcelona. ''Kami masih menunggu hasil pemeriksaan tersebut. Sepertinya dia mengalami cedera serius dan merasa sangat khawatir. Bisa dibilang, ini menjadi kemenangan terpahit yang pernah saya rasakan,'' kata Fuente seperti dikutip ESPN, Senin (20/11/2023).

Dalam laga di Stadion Jose Zorrilla itu, La Roja memang mampu menutup laga dengan kemenangan 3-1 atas Georgia. Spanyol pun dipastikan mengakhiri penyisihan Grup A dan lolos ke putaran final Euro 2024 sebagai juara grup dengan keunggulan empat poin dari Skotlandia, yang finis di peringkat kedua.

Kehilangan Gavi, ujar De La Fuente, menjadi pukulan berat, tidak hanya buat Barcelona selaku klubnya, tapi juga buat Spanyol. Sejak dipromosikan ke tim utama Barcelona pada awal musim 2021/2022, Gavi langsung menjadi pilihan utama di lini tengah. 

Kontribusi jebolan akademi La Masia itu buat La Roja juga tak main-main. Gavi tercatat tidak pernah absen membela Spanyol di babak kualifikasi Euro 2024. Begitu pula dengan partisipasi Gavi di gelaran Piala Dunia 2022 dan UEFA Nations League 2022/2023.

Hingga musim 2023/2024 memasuki pertengahan musim, Gavi tercatat telah tampil di 25 pertandingan di semua ajang, baik saat membela Barcelona ataupun Spanyol. Kendati begitu, De La Fuente menegaskan, padatnya jadwal pertandingan yang mesti dilakoni Gavi bukan menjadi penyebab cedera tersebut.

"Itu adalah kecelakaan dan sedikit nasib buruk. Cedera itu tidak ada kaitannya dengan akumulasi pertandingan (yang dilakoni Gavi). Dia bahkan berada dalam kondisi yang prima. Dia tidak pernah merumput sebelum jeda internasional. Jadi, sebenarnya tidak ada masalah apa pun terkait kondisinya," ujar De La Fuente.

Sebelum dipanggil memperkuat timnas Spanyol di jeda internasional ketiga musim ini, Gavi absen membela Barcelona, tepatnya dalam laga kontra Alaves di La Liga, pertengahan bulan ini. Pasalnya, Gavi tengah menjalani sanksi larangan bertanding akibat akumulasi kartu kuning.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement