Selasa 21 Nov 2023 17:48 WIB

Lewati Laga Dramatis, Jerman U-17 Bekap Amerika Serikat U-17 3-2

Laga berlangsung alot sejak awal.

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Sejumlah pemain Timnas Jerman berebut bola dengan pemain Timnas Amerika Serikat pada pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia U17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/11/2023).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sejumlah pemain Timnas Jerman berebut bola dengan pemain Timnas Amerika Serikat pada pertandingan Babak 16 Besar Piala Dunia U17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (21/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Melalui pertandingan yang berjalan sengit tim nasional Jerman U-17 sukses mengunci tiket lolos ke putaran selanjutnya setelah mengalahkan timnas Amerika Serikat (AS) U-17 dengan skor akhir 3-2 pada babak 16 besar Piala Dunia U-17 2023 di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Selasa (21/11/2023) petang WIB.

Ketiga gol Der Panzer, Jerman U-17 dicetak oleh tiga pemain berbeda yakni Charles Kwablan Herrmann menit ke-14, Max Moerstedt menit ke-34 dan Bilal Yalcinkaya menit ke-87.

Baca Juga

Amerika Serikat U-17 yang sempat memberikan perlawan sulit mampu mencatatkan dua gol berkat aksi Taha Habroune menit ke-24 serta David Vazquez menit ke-80.

Berkat hasil ini timnas Jerman U-17 memastikan tempat di babak perempat final dan akan bertemu lawan kuat lain timnas Spanyol U-17.

Jerman U-17 berhasil membuka kran gol lebih dulu melalui Charles Kwablan Hermann pada menit ke-14.

Tertinggal gol lebih dulu membuat Amerika Serikat U-17 bangkit. Hasilnya, pada menit ke-24 melalui gelandang tengah Taha Habroune AS berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Memasuki pertengahan pertandingan Jerman kembali unggul. Kali ini penyerang Max Moerstedt mencatatkan namanya di papan skor menit ke-34.

Jerman nyaris menjebol gawang Amerika Serikat pada menit 10 namun tendangan Paris Brunner memanfaatkan bola liar bisa dibuang bek AS. Brunner lagi-lagi mengancam gawang Amerika Serikat dua menit kemudian, tetapi sundulannya bisa ditepis secara akrobatik oleh kiper AS, Adam Beaudry.

Terus menyerang, Jerman akhirnya bisa menjebol gawang Amerika Serikat pada menit 14 lewat tendangan bebas melengkung yang dilepaskan Charles Herrmann dari luar kotak penalti. Asik menyerang, Jerman lupa dengan pertahanannya. Lewat serangan balik, Amerika Serikat bisa menyamakan kedudukan pada menit 24 lewat Taha Habroune.

Imfasha Berchimas yang menusuk di sayap kanan Jerman bisa melepaskan umpan dari sayap kanan. Bola yang coba dihalau oleh bek Jerman malah jatuh ke kaki Habroune yang dengan leluasa mencetak gol ke gawang Max Schmitt. Berchimas yang beroperasi di sayap kanan kembali lolos dari pengawalan pada menit 28, tapi sayang umpan tariknya ke depan gawang Jerman tidak ada yang menyambut.

Der Panzer kembali unggul atas Amerika Serikat pada menit ke-33. Herrmann yang menusuk dari sayap kanan sukses mengirim umpan datar yang sukses dikonversi oleh Max Moerstedt dengan kaki kanannya.

Bek kanan Jerman, Eric Da Silva Moreira, maju ke depan membantu serangan. Sepakannya pada menit ke-40 bisa ditepis kiper AS, Adam Beaudry. Hingga peluit turun minum berbunyi skor Jerman versus Amerika Serikat U17 masih berpihak kepada Der Panzer 2-1.

Memasuki menit awal interval kedua laga berjalan cukup sengit. Amerika baru mampu menyamakan kedudukan lewat tendangan bebas David Vazquez pada menit ke-80. Bermaksud mengirim umpan silang melalui tendangan bebas, bola hasil tendangan Vazquez justru masuk ke gawang Jerman tanpa tersentuh pemain lain.

Pahlawan kemenangan Jerman U-17 datang dari bangku cadangan. Baru satu menit berada di lapangan, Yalcinkaya berhasil melakukan solo run ke dalam kotak penalti AS dan melepaskan tendangan kaki kiri yang tidak mampu dihentikan kiper Amerika.

Amerika Serikat punya dua peluang emas sebelum laga usai untuk menyamakan kedudukan. Tapi penampilan apik kiper Jerman Max Schmitt mampu membuat keunggulan 3-2 Der Panzer bertahan hingga laga usai.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement