Rabu 29 Nov 2023 10:50 WIB

Bekuk Feyenoord 3-1, Atletico Kembali ke Babak Sistem Gugur Liga Champions

Ini kemenangan tandang pertama Atletico di Liga Champions sejak Maret 2022.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.
Foto: EPA-EFE/ROBERT PERRY
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dengan bantuan dua gol bunuh diri, Atletico Madrid mengalahkan Feyenoord 3-1 pada Rabu (29/11/2023) dini hari WIB untuk memastikan tempat di babak sistem gugur Liga Champions, setahun setelah gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Kemenangan tersebut membuat Atletico memiliki 11 poin, satu poin lebih banyak dari Lazio, yang mengalahkan Celtic 2-0 pada hari Selasa (28/11/2023). Feyenoord bertahan dengan enam poin, lima poin lebih banyak dari Celtic, dengan satu pertandingan tersisa.

Baca Juga

"Selalu penting untuk finis setinggi mungkin," kata pelatih Atletico, Diego Simeone, dikutip laman resmi klub. "Sudah bertahun-tahun kami tidak bisa mencapai akhir (babak penyisihan grup) dengan ketenangan seperti ini. Kami masih harus melihat apakah kami akan finis di posisi pertama atau kedua, tetapi sekarang kami bisa terus bekerja dan beristirahat karena pertandingan ini menuntut banyak hal dari kami."

Ini adalah kemenangan tandang pertama Atletico di Liga Champions sejak Maret 2022, ketika mengalahkan Manchester United di Old Trafford.

"Kami bermain dengan kepribadian, bermain dengan baik dalam penguasaan bola dan serangan balik," kata bek Atletico Mario Hermoso. "Kami memiliki peluang untuk mencetak lebih banyak gol. Kami senang dengan kemenangan ini dan dengan tempat di babak berikutnya."

Atletico finis di posisi keempat musim lalu dalam satu grup dengan Porto, Bayer Leverkusen dan Club Brugge, dan juga gagal melaju ke Liga Europa. Sebelum itu, tim ini hanya sekali gagal lolos dari fase grup Liga Champions dalam sembilan musim terakhir.

Atletico membuka skor dengan gol bunuh diri pada menit ke-14 ketika pemain bertahan Feyenoord, Lutsharel Geertruida, menjebol gawangnya sendiri karena gagal menjauh dari jalur bola setelah menerima umpan silang dari Marcos Llorente. Geertruida mencoba untuk mundur saat bola datang menghampirinya tepat di depan gawang, namun bola menyentuh perutnya dan melewati kiper yang berdiri di dekatnya.

Atletico menambah keunggulan melalui satu tembakan indah dari sudut sulit yang dilakukan oleh Hermoso pada menit ke-57, dengan bola melintasi kotak penalti dan masuk ke tiang jauh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement