Kamis 30 Nov 2023 05:00 WIB

Ditahan Imbang Galatasaray, Man United di Ujung Tanduk

MU hanya memenangi satu dari lima pertandingan Liga Champions musim ini.

Kiper Manchester United (MU) Andre Onana kecewa setelah gawangnya kembali kebobolan.
Foto: EPA-EFE/SEDAT SUNA
Kiper Manchester United (MU) Andre Onana kecewa setelah gawangnya kembali kebobolan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nasib Manchester United (MU) berada di ujung tanduk setelah dua kali gagal mempertahankan keunggulan hingga ditahan imbang 3-3 oleh tuan rumah Galatasaray dalam pertandingan Grup A Liga Champions di Stadion Ali Sami Yen, Istanbul, Turki, Kamis (30/11/2023) dini hari WIB.

Torehan satu poin membuat Iblis Merah tetap menghuni dasar klasemen Grup A dan wajib mengalahkan Bayern Muenchen pada pertandingan terakhir di Old Trafford untuk menjaga peluang lolos ke fase 16 besar.

Baca Juga

Bahkan kemenangan atas Muenchen tidak akan cukup seandainya Galatasaray mampu mengalahkan FC Copenhagen pada pertandingan yang akan berlangsung dua pekan mendatang, atau jika Copenhagen mampu meraih setidaknya dua poin dalam dua laga terakhirnya.

Man United hanya memenangi satu dari lima pertandingan Liga Champions musim ini dan kembali gagal mendulang tiga poin akibat kesalahan fatal kiper Andre Onana.

Alejandro Garnacho membuka keunggulan Man United pada menit ke-11, dengan memanfaatkan umpan dari Bruno Fernandes.

Sebuah spanduk besar dibentangkan sebelum sepak mula dengan tulisan "Selamat datang di Neraka," tetapi para penggemar Galatasaray dibuat terdiam oleh gol kedua Man United dalam waktu kurang dari 20 menit. Fernandes melepaskan tembakan keras dari luar kotak yang gagal diantisipasi kiper Fernando Muslera.

Lima pertandingan Liga Champions yang dimainkan Man United pada musim ini telah menghasilkan 26 gol, namun kegagalan mempertahankan keunggulan kembali menjadi kelemahan pasukan Erik ten Hag.

Dua kali Galatasaray bangkit dari ketertinggalan di Old Trafford untuk meraih kemenangan tandang Liga Champions pertama dalam kurun waktu sepuluh tahun, dan Man United kembali membuka peluang bagi raksasa Turki tersebut.

Fernandes melakukan pelanggaran yang tidak perlu di dekat kotak penalti untuk membuat Galatasaray mendapat hadiah tendangan bebas. Namun Onana juga tidak luput dari kesalahan saat ia dengan mudah dikecoh oleh Hakim Ziyech, dengan sepakan ke sudut bawah gawang.

Mauro Icardi hampir menyamakan kedudukan untuk Galatasaray, namun kali ini golnya ke gawang United tidak sah karena offside tipis.

Man United memperbesar peluang untuk membawa pulang poin penuh pada awal babak kedua, saat Scott McTominay merestorasi keunggulan dua gol.

Diawali skema serangan balik, Fernandes mengirim bola kepada Aaron Wan-Bissaka di sisi kanan dan diteruskan lagi dengan umpan mengarah ke McTominay untuk dikonversi menjadi gol ketiga Man United. Gol tersebut sekaligus merupakan gol pertama McTominay di Liga Champions.

Namun Man United kembali harus membayar mahal akibat kesalahan kiper Onana. Kiper asal Kamerun itu gagal menahan tendangan bebas Ziyech, yang mengarah lurus kepadanya, untuk kemudian bola bergerak masuk ke gawang Iblis Merah.

Gol tersebut kemudian menjadi inspirasi kebangkitan Galatasaray yang kemudian mendapatkan gol penyama kedudukan saat Kerem Akturkoglu mengecoh Onana di tiang dekat untuk menjaringkan bola saat waktu normal tinggal menyisakan 19 menit.

Man United beberapa kali mampu membongkar pertahanan Galatasaray, namun baik peluang yang dimiliki Garnacho, McTominay, maupun pemain pengganti Facundo Pelestri semuanya melenceng dari sasaran. Peluang bagus terakhir didapat melalui Fernandes yang sepakannya membentur tiang gawang.

Daftar susunan pemain:

Galatasaray: Fernando Muslera, Sacha Boey, Kaan Ayhan, Abdulkerim Bardakci, Jose Angel Tasende, Lucas Torreira, Tanguy Ndombele, Hakim Ziyech, Dries Mertens, Wilfried Zaha, Mauro Icardi

 

Manchester United: Andre Onana, Aaron Wan-Bissaka, Harry Maguire, Victor Lindelof, Luke Shaw, Scott McTominay, Sofyan Amrabat, Antony, Bruno Fernandes, Alejandro Garnacho, Rasmus Hojlund.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement