Selasa 05 Dec 2023 09:14 WIB

Napoli Mendominasi Ajang Penghargaan Gran Gala del Calcio 2023

Victor Osimhen, Khvicha Kvaratskhelia, dan Luciano Spalletti semua raih penghargaan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Para penggawa Napoli saat meraih scudetto Serie A Liga Italia musim 2022/2023.
Foto: AP
Para penggawa Napoli saat meraih scudetto Serie A Liga Italia musim 2022/2023.

REPUBLIKA.CO.ID, NAPLES -- Napoli terpilih sebagai klub terbaik di Italia dalam ajang penghargaan Gran Gala del Calcio 2023, Senin (4/12/2023) waktu setempat. Selain itu, Victor Osimhen, Khvicha Kvaratskhelia, dan Luciano Spalletti juga meraih penghargaan serupa dalam kategori berbeda.

Gran Gala del Calcio merupakan ajang penghargaan tahunan yang digelar oleh Asosiasi Pesepak Bola Italia (AIC). Mulai digelar sejak 1968, Gran Gala del Calcio menjadi pengakuan terhadap kesuksesan klub atau pun pesepak bola asal Italia pada musim sebelumnya baik di pentas Serie A Liga Italia ataupun di pentas Serie B.

Baca Juga

Pada tahun ini, Napoli begitu berjaya di ajang penghargaan ini. Kondisi ini tidak terlepas dari keberhasilan I Partenopei merengkuh scudetto pada musim ini. Napoli, termasuk mantan pelatih serta para pemain, menyabet penghargaan di tiga kategori sekaligus.

Keberhasilan I Partenopei terpilih sebagai klub terbaik Italia pada 2023 dilengkapi dengan kesuksesan Victor Osimhen sebagai pemain terbaik Serie A pada 2023. Penyerang asal Nigeria itu sebagai Cappocanonieri atau pencetak gol terbanyak dengan koleksi 26 gol.

Tidak hanya itu, Luciano Spalletti juga menyabet penghargaan pelatih terbaik 2023. Tangan dingin Spalletti, yang meninggalkan Napoli pada awal musim ini dan menerima pinangan untuk menukangi Timnas Italia, sukses membawa Napoli mengakhiri penantian scudetto selama 33 tahun pada musim lalu.

''Di bawah kendali Spalletti, Napoli finish dengan raihan 90 poin. Raihan ini pun rekor raihan poin terbanyak I Partenopei sejak Serie A mengadopsi perhitungan tiga poin untuk kemenangan. Napoli mengakhiri Serie A musim lalu dengan keunggulan 16 poin dari Inter Milan yang berada di peringkat kedua,'' tulis laporan Football Italia, Selasa (5/12/2023).

Winger Napoli asal Georgia, Khvicha Kvaratskhelia, tidak mau ketinggalkan. Pemain berusia 22 tahun itu meraih gelar gol terbaik saat merobek gawang Bologna pada Maret 2023 silam. Saat itu, Kvaratskhelia mengecoh barisan pemain bertahan Bologna sebelum akhirnya melepaskan sepakan keras dari dalam kotak penalti.

Penghargaan ini menjadi penghargaan kedua yang diraih Kvaratskhelia berkat performa impresifnya bersama I Partenopei pada musim lalu. Sebelumnya, debutan di pentas Serie A pada musim lalu itu terpilih sebagai pemain terbaik Liga Italia versi penyelenggara kompetisi, Lega Serie A.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement