Jumat 15 Dec 2023 06:08 WIB

Liverpool Takluk dari Union SG, Roma Runner Up Grup Setelah Libas Sheriff di Liga Europa

Liverpool tumbang 1-2 tapi tetap lolos sebagai juara Grup E.

Pemain Liverpool Conor Bradley tergeletak di tanah pada akhir pertandingan sepak bola Grup E Liga Europa antara Union SG dan Liverpool di stadion RSC Anderlecht di Brussels, Kamis, 14 Desember 2023. Liverpool kalah 1-2.
Foto: AP Photo/Geert Vanden Wijngaert
Pemain Liverpool Conor Bradley tergeletak di tanah pada akhir pertandingan sepak bola Grup E Liga Europa antara Union SG dan Liverpool di stadion RSC Anderlecht di Brussels, Kamis, 14 Desember 2023. Liverpool kalah 1-2.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool, yang telah dipastikan lolos ke babak 16 besar sebagai pemuncak klasemen Grup E, kalah 2-1 dari Union SG di Stadion RSC ANderlecht, Jumat (15/12/2023) dini hari WIB. Namun, Union SG gagal mencapai babak play-off sistem gugur karena Toulouse menjadi runner-up berkat kemenangan 2-1 atas LASK Linz.

AS Roma menempati posisi kedua di Grup G Liga Europa setelah mengalahkan tim asal Moldova, Sheriff Tiraspol 3-0 pada Jumat dini hari WIB. Gol-gol pada babak pertama dari Romelu Lukaku dan Andrea Belotti serta gol pada menit-menit akhir dari Niccolo Pisilli menjadi penentu.

Baca Juga

Slavia Prague mempertahankan posisi puncak klasemen grup dengan penampilan gemilang di kandang sendiri untuk menghancurkan Servette 4-0. Gol-gol di babak pertama dari David Doudera, Ivan Schranz, dan dua gol dari Mojmir Chytil memastikan kemenangan.

Mohammed Amoura dari Union membuka skor melawan Liverpool, yang mengistirahatkan beberapa pemain kunci. Jarell Quansah menyamakan kedudukan tujuh menit kemudian. Namun Cameron Puertas memastikan kemenangan bagi Union sebelum turun minum.

Lukaku mencetak gol untuk Roma setelah 11 menit dengan berada di tempat dan waktu yang tepat untuk menyambar umpan silang Nicola Zalewski dari jarak dekat.

Setelah 32 menit, Belotti memperbesar keunggulan tim tuan rumah dengan menyundul bola ke gawang yang sudah terbuka. Ia memanfaatkan bola rebound dari tendangan voli Zalewski yang awalnya berhasil ditepis oleh kiper Sheriff, Maxym Koval.

Pisilli menambahkan gol ketiga pada menit-menit akhir pertandingan dengan tendangan mendatar ke pojok bawah gawang.

Roma mengakhiri pertandingan dengan 13 poin, tertinggal dua poin dari Slavia Prague, dan akan melaju ke babak play-off.

Juara Grup H, Bayer Leverkusen, mengakhiri harapan Molde untuk mencapai babak play-off dengan kemenangan 5-1, termasuk gol bunuh diri dari gelandang Molde, Martin Ellingsen. Qarabag menjadi runner-up grup, setelah meraih kemenangan 2-1 atas tim yang berada di dasar klasemen, Hacken.

Dalam pertandingan Grup F yang seru, Villarreal menang 3-2 saat bertandang ke Stade Rennais untuk merebut posisi puncak klasemen dari tuan rumah dengan 13 poin, unggul satu poin atas tim asal Perancis tersebut.

Rennes mengira mereka telah mendapatkan hasil imbang yang dramatis, namun VAR menganulir gol di menit akhir yang dicetak oleh Lorenz Assignon karena offside.

Maccabi Haifa menang 2-1 atas Panathinaikos untuk berada di peringkat tiga dan masuk ke babak play-off Liga Eropa.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement