Sabtu 16 Dec 2023 07:54 WIB

Ini Starting XI Terbaik Sepanjang Masa Ala Jose Mourinho, Ada Cristiano Ronaldo

8 nama merupakan pemain didikannya di Chelsea.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Jose Mourinho.
Foto: AP Photo/Alessandra Tarantino
Jose Mourinho.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jose Mourinho telah menetapkan XI terbaik sepanjang masa yang pernah ia tangani selama karir manajerialnya yang termasyhur. Mourinho merasa senang bekerja dengan sejumlah bintang terkenal termasuk Cristiano Ronaldo saat bertugas di Real Madrid.

Pelatih asal Portugal, yang saat ini melatih Roma, juga pernah melatih di Chelsea, Inter Milan, Porto, Manchester United, dan Tottenham. Hasilnya, pelatih berusia 60 tahun ini memiliki banyak bakat untuk dipilih ketika memilih kombinasi pemain terbaik yang pernah bekerja bersamanya.

Baca Juga

Namun, Chelsealah yang mendominasi tim, dengan delapan anggota starting XI terdiri dari mantan pemain Blues. Mourinho memenangkan tiga gelar Liga Primer Inggris selama dua masa jabatannya di klub London barat dan kesuksesannya jelas menular ke XI terbaiknya.

Mourinho mengungkapkan bahwa dia akan memilih Petr Cech sebagai penjaga gawang, meskipun pernah bekerja dengan kiper legendaris Real Madrid Iker Casillas selama berada di Spanyol. 

Menggunakan formasi 4-3-3, Mourinho memilih tiga mantan pemain Chelsea di lini belakangnya, dengan William Gallas, John Terry, dan Ricardo Carvalho semuanya masuk dalam daftar. Javier Zanetti melengkapi empat bek, setelah bekerja dengan pemain Argentina itu selama berada di Inter Milan. 

Mungkin pemain absen yang paling menarik adalah Sergio Ramos, yang telah memenangkan beberapa penghargaan baik bersama klub maupun negaranya. Absennya Sergio Ramos sebagai bek jelas menjadi pertanyaan mengingat prestasi luar biasa pemain Spanyol itu baik untuk klub maupun negaranya.

Di lini tengah, Mourinho punya banyak... 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement