Ahad 17 Dec 2023 20:13 WIB

Terpilih Jadi Ketum PKSI 2023-2027, Rian Putra Utama: Ingin Korfball Lebih Dikenal

Menurut dia, olahraga ini harus terus disosialisasikan.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Musyawarah PP PKSI yang berlangsung Sabtu (16/12/2022) di Balai Besar Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPPMpv), Jl. Raya Parung, Ciputat, Depok - Jawa Barat.
Foto: Dok. Rep
Musyawarah PP PKSI yang berlangsung Sabtu (16/12/2022) di Balai Besar Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPPMpv), Jl. Raya Parung, Ciputat, Depok - Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rian Putra Utama terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Korfball Seluruh Indonesia (PP PKSI) Periode 2023-2027. Pria 28 tahun ini terpilih dalam Musyawarah PP PKSI yang berlangsung Sabtu (16/12/2022) di Balai Besar Pengembangan dan Penjamin Mutu Pendidikan Vokasi Bisnis dan Pariwisata (BBPPPMpv), Jl Raya Parung, Ciputat, Depok - Jawa Barat.

Rian yang hobi bermain sepak bola mengalahkan pesaingnya, Lisa Rudianita Legawati yang juga Ketua umum PP PKSI dua periode sebelumnya. Rian dalam voting yang diikuti 17 Daerah mendapatkan 11 suara sedangkan sang petahana meraih 6 suara. Sehingga menjadikan Rian Putra Utama menjadi ketua umum PP PKSI 2023-2027.

Baca Juga

"Kita baru selesaikan Munas Korfball (PKSI) selesai jam 12.00 malam yang digelar sejak jam 09.00 pagi, menghasilkan keputusan saya jadi ketum PKSI 2023-2027," kata dia. 

"Visi tidak muluk mengembalikan marwah organisasi PKSI ini sebagai mestinya menjalankan sebagai sebuah organisasi dengan baik untuk bisa mensosialisasikan dan memasyarakatkan korfball di Indonesia. Misi transparan keterbukaan komunikasi dan inovasi. Kita dukung pengprov PKSI berlomba-lomba kontribusi korfball bisa maju dan lebih luas ke seluruh Indonesia," ujarnya.

Rian ingin memperbanyak arena pertandingan, karena saat dia ingin pelajari korfball, jumlah pertandingan sangat terbatas,  tidak ada kompetisi. Di Jakarta hanya ada Pelatda di GOR Grogol Petamburan Jakarta Barat.

"Perbanyak  arena dan jumlah Pertama. Di Kalimantan inisiatif ada liga jalan secara independen Kita dorong sosialisasi korfball ke anak muda, sekolah karena ini akan menjadi kunci. Prospek, olahraga ini bagus. Apalagi tahun depan di pertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Aceh dan juga rencananya akan dimainkan di SEA Games 2025 di Thailand. Ini akan jadi momentum Indonesia Korfball Indonesia," kata dia.

Sebenarnya korfball sudah ada di Indonesia sejak 1948, lanjut Rian tapi lucunya banyak masih banyak yang belum tahu. "Kita akan manfaatkan setiap peluang yang ada, baik itu menggelar dan ikut serta ajang Korfball, termasuk SEA Games nanti. Saat ini sudah ada di 28 daerah tapi yang aktif hanya 16-18 provinsi. Kita fokus dengan 28 yang ada agar bisa berjalan dengan baik.

Sementara itu perwakilan Korfball Bali, I Kadek Rian Nugraha mengatakan, Harapan Bali, supaya Korfball lebih dikenal, kita siap dukung, laksanakan event, sebagai sport tourism Bali cocok untuk lebih mengenalkan korfball.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement