Jumat 29 Dec 2023 09:34 WIB

David Moyes Pecahkan Rekor, Pimpin Kemenangan West Ham di Kandang Arsenal

West Ham menang meyakinkan 2-0 di markas Arsenal.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Arsenal Vs West Ham, Jumat (29/12/2023).
Foto: AP Photo/Alastair Grant
Arsenal Vs West Ham, Jumat (29/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- David Moyes mendalangi kemenangan tandang pertamanya ke Arsenal sebagai manajer saat tim West Ham United menang 2-0 melawan rival London mereka di Stadion Emirates, Jumat (29/12/2023) dini hari WIB. Pelatih Skotlandia itu menghentikan catatan 22 pertandingan tanpa kemenangan saat bertandang ke markas the Gunners. 

Gol pembuka Tomas Soucek dan sundulan Dinos Mavropanos melawan klub lamanya membuat tim asuhan Mikel Arteta mengalami kekalahan kandang pertama mereka di liga. 

Baca Juga

Arsenal – yang hanya terhindar dari kekalahan yang lebih berat berkat penyelamatan penalti David Raya dari Said Benrahma – bukannya tanpa peluang mereka di London Utara, namun kombinasi dari kesia-siaan yang mengkhawatirkan, beberapa umpan yang ceroboh dan pertahanan West Ham yang solid membuat The Gunners gagal bangkit kembali ke puncak klasemen Liga Primer Inggris.

Ada kekhawatiran khusus sebelum pertandingan terhadap Lucas Paqueta, yang berhenti saat pemanasan, tetapi pemain Brasil itu diizinkan menjadi starter untuk West Ham, sementara Leandro Trossard menggantikan Kai Havertz yang dilarang bermain untuk Arsenal.

Pasukan Mikel Arteta secara mengejutkan membawa permainan ke West Ham sejak awal, ketika Bukayo Saka melepaskan tembakan lurus ke arah Alphonse Areola pada menit ketiga, sebelum Leandro Trossard melepaskan tembakan keras pada menit ke-11.

Namun, hanya dua saat setelah peluang Trossard yang terbuang sia-sia, West Ham bangkit di ujung lain lapangan dan mencetak gol pertama melalui Soucek, meskipun golnya diselimuti kontroversi.

Umpan silang Emerson Palmieri dari kiri menyebabkan kekacauan, ketika Oleksandr Zinchenko dan Gabriel Magalhaes saling menghalangi dan tampak kebobolan tendangan sudut, namun Jarrod Bowen menjaga bola tetap hidup dan memotongnya untuk Soucek untuk mencetak gol.

Gol tersebut diberikan di lapangan, dan karena ruang VAR tidak dapat secara pasti membuktikan bahwa bola tetap masuk atau keluar dari permainan karena kurangnya sudut kamera yang sesuai, gol pembuka Irons diratifikasi, serupa dengan gol penentu kemenangan Anthony Gordon untuk Newcastle United melawan The Gunners bulan lalu.

Upaya Arsenal untuk merespons mendapat perlawanan keras dari unit pertahanan Hammers yang terorganisir dengan baik, yang tekanan efektifnya membatasi tuan rumah hanya memiliki sedikit peluang bersih, meskipun Alphonse Areola harus melakukan penghentian akrobatik dari sundulan Saka pada menit ke-30.

Hanya beberapa detik berlalu sebelum Paqueta menyerah pada cedera yang tampaknya mengganggunya saat pemanasan - Said Benrahma menggantikannya - tetapi West Ham selamat dari satu ketakutan terakhir untuk memasuki jeda, saat tendangan Saka membentur tiang dari jarak dekat di menit ke-42 sebelum rebound memantul dari Trossard yang tidak sadar dan keluar dari permainan.

Declan Rice mencoba peruntungannya dari jarak jauh pada menit ke-53 dan menyerempet bagian atas gawang, tetapi sementara mantan Hammer tidak dapat menghantui tim lamanya, mantan Gunner menambah penderitaan tuan rumah.

Setelah Arsenal menyia-nyiakan serangkaian tendangan sudut di babak pertama, ahli bola mati James Ward-Prowse mengirimkan umpan menarik pada menit ke-55, dan Mavropanos lolos dari Zinchenko sebelum mengarahkan sundulannya membentur bagian dalam mistar dan masuk ke gawang. 

Bek tengah Yunani ini tidak terlalu melakukan selebrasi melawan tim lamanya, yang memiliki dua peluang emas untuk membalas melalui sepasang sundulan Jesus pada menit ke-65 dan 66, namun upaya pertamanya mendarat di pelukan Areola sebelum yang kedua melayang di atas gawang.

Pasukan Arteta mencoba dengan sia-sia untuk meningkatkan taruhan menjelang akhir, ketika Trossard, Saka, Emile Smith Rowe dan Eddie Nketiah semuanya mengirimkan upaya jinak ke pelukan Areola – masih mendapat perlindungan luar biasa dari rekan satu timnya – di 20 menit terakhir.

Pemain Prancis itu terpaksa melakukan penyelamatan menyelam dari tendangan jarak jauh Odegaard pada menit ke-90, dan ketika tampaknya malam Arsenal tidak akan menjadi lebih buruk lagi, Rice terpeleset dan menjegal Emerson di area penalti untuk memberikan penalti pada menit-menit terakhir.

Benrahma – yang mencetak gol dari titik penalti di Emirates pada Desember 2022 – berusaha mengulangi prestasinya dari titik putih, tetapi Raya melompat ke kiri dan menggagalkan penalti pemain Aljazair itu, sehingga menyelamatkan pasukan Arteta dari penghinaan lebih lanjut di depan gawang Emirates yang setengah kosong.

Arsenal – yang tertinggal dua poin di bawah Liverpool di peringkat kedua – akan mencoba merespons ketika mereka bertemu rival London lainnya di Fulham pada Malam Tahun Baru, sementara West Ham, yang kini berada di peringkat keenam, memiliki waktu istirahat empat hari sebelum mereka menjamu Brighton & Hove Albion pada 2 Januari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement