Rabu 17 Jan 2024 17:36 WIB

Presiden Semringah Lihat Melimpahnya Talenta Berusia Muda di Piala Asia 2023

Indonesia menjadi tim termuda yang berpartisipasi di Piala Asia 2023.

Pemain timnas Indonesia Marselino Ferdinand melakukan selebrasi seusai mencetak gol pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). Pada pertandingan itu Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-3.
Foto: AP Photo/Hussein Sayed
Pemain timnas Indonesia Marselino Ferdinand melakukan selebrasi seusai mencetak gol pada pertandingan sepak bola Grup D Piala Asia antara Indonesia dan Irak di Stadion Ahmad Bin Ali di Al Rayyan, Qatar, Senin (15/1/2024). Pada pertandingan itu Indonesia harus mengakui keunggulan Irak dengan skor 1-3.

REPUBLIKA.CO.ID, PENAJAM PASER UTARA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengaku senang dengan permainan yang ditunjukkan oleh para pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam Piala Asia 2023 saat melawan Timnas Irak di Qatar, Senin (15 Januari 2024).  Presiden menyadari bahwa membangun sebuah Tim yang kuat itu membutuhkan waktu. 

Meskipun kalan dari Tim Singa Mesopotamia, Presiden senang karena Skuad Garuda diisi oleh pemain yang rata – rata berusia paling muda di antara pemain negara lain di Piala Asia 2023.

Baca Juga

“Membangun sebuah tim yang baik itu membutuhkan waktu, yang saya senang, tim kemarin itu, kita adalah rata-rata usianya adalah paling muda dari Indonesia, karena di bawah 24 tahun,” kata Presiden saat menjawab pertanyaan media usai meninjau perkembangan pembangunan Training Center (TC) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Ibu Kota Negara Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Rabu (17/1/2024). 

Materi pemain Timnas Indonesia yang didominasi usia muda, kata Presiden, merupakan modal bagus bagi Indonesia untuk mendapatkan Timnas yang kuat pada jangka menengah dan panjang. 

Indonesia menjadi tim termuda yang berpartisipasi di Piala Asia 2023. Pemain tertua pada skuad Indonesia saat ini adalah Jordi Amat dengan 31 tahun. Sementara pemain termuda adalah Marselino Ferdinan dengan 19 tahun 2 bulan.

Sosok lain yang berusia 19 tahun adalah Hokky Caraka dan Ivar Jenner. Shin Tae-yong memang cukup banyak membawa pemain yang berusia di bawah 23 tahun.

Selain, Marselino, Hokky dan Jenner, ada delapan nama lain. Mereka adalah Witan Sulaeman (22 tahun), Rizky Ridho (22 tahun), Prayama Arhan (22 tahun), Ernando Ari (21 tahun), Elkan Baggott (21 tahun), tahun), Ramadhan Sananta (21 tahun) Rafael Struick (20 tahun), dan Justin Hubner 20 pemain).

Berdasarkan data Transfermarkt, rata-rata usia pemain yang membela timnas Indonesia di Piala Asia 2023 sebesar 22,5 tahun per 9 Januari 2024.

Posisinya diikuti Vietnam lantaran dengan rata-rata pemain berusia 23,3 tahun. Kemudian, rara-rata pemain Jepang berusia 23,7 tahun. Setelahnya ada Uzbekistan dengan rata-rata usia pemain sebesar 23,9 tahun.

“Itu bagus sekali dalam jangka menengah dan panjang.  Dan saya melihat kemarin mainnya juga sangat bagus, tetapi ya bolanya bundar, biasa saja sepak bola. Kita lihat nanti saat bertemu dengan Vietnam,” ujar Joko Widodo.

Setelah main melain Irak, Timnas Indonesia sudah dijadwalkan untuk bertemu lawan sesame Grup D yaitu Vietnam. Laga Indonesia Vs Vietnam akan digelar pada Jumat (19 Januari 2024) pukul 21.30 WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement