Kamis 18 Jan 2024 18:23 WIB

Garnier Men Liga TopSkor U-17 Jakarta Segera Dimulai

Liga ini bertujuan mencetak pemain timnas.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Direktur Liga TopSkor Yusuf Kurniawan dalam jumpa pers, Kamis (18/1/2024)
Foto: Republika/Fitriyanto
Direktur Liga TopSkor Yusuf Kurniawan dalam jumpa pers, Kamis (18/1/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liga TopSkor terus melanjutkan pembinaan berkelanjutan untuk para pemain di level akar rumput. Pada musim 2024 yang akan dimulai pada akhir pekan ini, Liga TopSkor berkolaborasi dengan Garnier Men untuk menggelar Garnier Men Liga TopSkor U-17 Jakarta.

Ya, laga pembuka Garnier Men Liga TopSkor U-17 Jakarta akan dimulai pada Ahad (21/1/ 2024) di ASIOP Training Ground, Sentul. 28 tim akan bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam turnamen U-17 yang akan digelar hingga 2 Juni 2024 tersebut.

Baca Juga

Tim-tim yang menjadi peserta musim ini berasal dari Jakarta, Bogor, Bekasi, Tangerang, Cirebon, Subang, hingga Cimahi. Mereka adalah Palapa Mavericks, Ocean Stars SC, Asiana, Erlangga, Prahara Ciampea, Diklat Isa, Fifa Farmel, Cipta Gemilang FA, ASIOP, Putra Karawang Junior, Cibinong Poetra Academy, Nusantara 2004, Katar SKN 86, Cirebon United, Urakan, Tajimalela, DS Soccer, Star Soccer, Putera Betawi SS, Youth Tiger SS, Bintang Junior SS, Kancil Mas, Stoni Indonesia, Naraga Ciater United, Bina Sentra, Akademi Persib, Asia Football School, dan RMD.

Bagi para penggemar sepak bola, laga Garnier Men Liga TopSkor U-17 Jakarta yang diikuti oleh 28 sekolah sepak bola (SSB) ini bisa disaksikan melalui kanal streaming Vidio.com yang akan menayangkan seluruh pertandingan kategori U-17 yang digelar setiap Sabtu dan Ahad. Pertandingan Sabtu akan dimulai pukul 07.00 WIB dan laga Ahad akan dimulai pukul 11.00 WIB.

Direktur Liga TopSkor Yusuf Kurniawan dalam jumpa pers, Kamis (18/1/2024) mengatakan, pihaknya menggelar Liga TopSkor musim 2024 untuk kategori U-17. "Kami mendapatkan dukungan penuh dari Garnier Men untuk kategori umur tersebut. Kami sangat senang dengan kolaborasi ini dan tentu saja dengan dukungan dari Garnier Men."

"Kami berharap agar sepak bola akar rumput di Indonesia terus terjaga pembinaannya yang ujungnya untuk menghasilkan pemain-pemain yang kelak dapat membela Timnas Indonesia di masa mendatang," ujar Bung Yuke sapaan akrab Yusuf Kurniawan.

Digelar Sejak 2011 Ratusan Pemain LTS Masuk Timnas di Berbagai Kelompok Umur. Dengan konsistensi selama 13 tahun, banyak sekali alumni Liga TopSkor yang akhirnya masuk ke dalam Timnas Indonesia, mulai dari level U-16, U-17, U-20, U-23, hingga senior. Sebut saja Dony Tri Pamungkas, Bagas Kaffa, Bagus Kahfi, Ronaldo Kwateh, Beckham Putra Nugraha, Gian Zola, Arkhan Kaka, Nabil Asyura, Muhammad Ferarri, Ji Da Bin, dan masih banyak lagi.

Para alumni Liga TopSkor juga sukses masuk dalam Tim Nasional U-17 Indonesia yang tampil dalam Piala Dunia FIFA U-17 2023 di Indonesia pada November-Desember 2023 di Jakarta, Solo, Bandung, dan Surabaya. Sebanyak 11 alumni Liga TopSkor terpilih dalam skuad asuhan Bima Sakti tersebut, yakni Andrika Fathir Rachman, Ikram Algiffari, Rifky Tofani, Iqbal Gwijangge, Rizdjar Nurviat Subagja, Tonci Shouter Israel Ramandei, Kafiatur Rizky, Jehan Pahlevi, Ji Da Bin, Arkhan Kaka Putra Purwanto, dan Nabil Asyura.

Alumni Liga TopSkor yang merupakan pemain Tim Nasional U-17 Indonesia dalam Piala Dunia U-17 2023, Jehan Pahlevi mengungkapkan, "Bermain di Liga TopSkor adalah salah satu hal yang membentuk kemampuan saya. Performa saya makin berkembang berkat dukungan tim dan saya bersyukur bisa berkompetisi di Liga TopSkor yang terkenal kompetitif. Liga TopSkor turut berkontribusi dalam kiprah sepakbola saya hingga bisa masuk Persija Jakarta dan terpilih membela Timnas di Piala Dunia U-17 2023. Bermain di timnas adalah impian semua pesepak bola muda," ujar Jehan Pahlevi yang merupakan pemain RMD tersebut.

Road to Garuda Cup International 2024 Garnier Men Liga TopSkor U-17 Jakarta 2024 juga memiliki program menarik untuk para pesertanya dari 28 tim, yakni gabungan para pemain bertalenta akan masuk dalam Tim Selection TopSkor Indonesia (TSI) U-17 yang nantinya akan bermain di Garuda Cup International 2024, yang diikuti oleh 7 negara, di ASIOP Training Ground, Sentul, Agustus 2024.

Liga TopSkor memiliki Technical Study Group (TSG) yang akan memilih para pemain terbaik yang biasanya kita sebut Man of the Match dalam setiap pertandingan. Anggota TSG ini juga yang akan menentukan pemain-pemain yang akan dipilih untuk masuk dalam Tim TSI U-17 2024. Tim TSG terdiri dari para pelatih kenamaan dan mantan pemain, seperti Indriyanto Nugroho, Tommy Harianto, Yunus Muchtar, dan Deris Herdiansyah, ujar Yusuf Kurniawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement