Kamis 25 Jan 2024 21:54 WIB

Indra Sjafri Mengaku tak Punya Persiapan Khusus Hadapi Thailand U-20

Indonesia U-20 menghadapi Thailand U-20 di SUGBK pada Jumat (26/1/2024) malam WIB.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
Pelatih timnas Indonesia U-20 Indra Sjafri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia U-20 akan melakoni laga uji coba melawan Thailand U-20 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (26/1/2024) malam WIB. Ini merupakan rangkaian pemusatan latihan (TC) yang sudah digelar sejak satu bulan terakhir. 

Pelatih Indra Sjafri mengaku tak ada persiapan khusus untuk laga tersebut. "Iya Persiapan lawan uji coba perdana. Tidak ada yang khusus. Uji coba ini adalah bagian dari proses pembentukan tim nasional U-20," kata Indra kepada awak media di Stadion Madya, Kamis (25/1/2024).

Baca Juga

Timnas Indonesia muda akan melakoni beberapa turnamen penting pada 2024, antara lain Piala AFF U-19 2024, Kualifikasi Piala Asia U-20 2025, dan memasang target lolos ke Piala Dunia U-20 2025 yang akan berlangsung di Chile. Beberapa uji coba telah dilakukan dan selain melawan Thailand, Indonesia U-20 juga dijadwalkan melawan Uzbekistan U-20 pada 30 Januari. 

"Fungsi uji coba itu adalah memberikan stimulus kepada para pemain untuk melihat kemampuan pemain, bagaimana individual taktikalnya mereka, bagaimana grup taktikalnya mereka, dan bagaimana mereka menjalankan taktikal tim yang kita inginkan," ujarnya. 

Ia menegaskan, uji coba dalam rangkaian TC ini dilakukan untuk mencari pemain terbaik. Ia mengungkapkan akan mencoba semua pemain pada laga melawan Thailand. "Karena sebelumnya kita mencari pemain terbaik itu lewat tes-tes yang sudah kita lakukan di awal dengan mengambil profil medis mereka, profil fisik mereka, profil Pshyo mereka, profil psikologi mereka," kata dia.

"Sekarang sampai ke tahap bagaimana kita bisa melihat kualitas para pemain bermain dengan tim-tim yang berlainan negara. Saya ulangi lagi, targetnya ya itu mencari pemain yang benar-benar pantas menjadi bagian dari tim nasional U-20. Jadi bagian dari proses pembentukan tim," ujarnya menambahkan. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement