Ahad 04 Feb 2024 00:28 WIB

Eks Gelandang MU Ini Gantung Sepatu pada Usia 36 Tahun

Marouane Fellaini terakhir kali membela klub China Shandong Taishan.

 Marouane Fellaini
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Marouane Fellaini

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan pemain tim nasional Belgia Marouane Fellaini mengumumkan pada Sabtu (3/2/2024), bahwa ia memutuskan pensiun tiga bulan setelah kontraknya di klub China Shandong Taishan berakhir.

"Saya menulis hal ini untuk mengumumkan bahwa setelah berkarier selama 18 tahun, saya mengundurkan diri dari sepak bola profesional," tulis pria 36 tahun itu melalui akun Instagram resminya.

Baca Juga

Fellaini mencatatkan debut profesionalnya di Standard Liege pada 2006. Dua tahun kemudian pindah ke Everton dengan nilai transfer 20 juta euro. Saat itu, nilai transfer Fellaini membuat dirinya menjadi pemain termahal sepanjang sejarah sepak bola Belgia.

Setelah mencuri perhatian para penggemar The Toffees, Fellaini kemudian mengikuti pelatih David Moyes untuk pindah ke Manchester United pada 2013.

Di United, ia membantu klub itu menjuarai Piala FA pada 2016, serta Europa League dan Piala Liga Inggris pada 2017. Selama berseragam Setan Merah, Fellaini tercatat mengukir 177 penampilan dan 22 gol.

Pada 2019, Fellaini direkrut klub China Shandong Taishan, namun ia tidak memperpanjang kontraknya pada November silam. Penampilan terakhirnya adalah di final Piala China, ketika Shandong kalah dari Shanghai Shenhua.

Fellaini mencatatkan 87 penampilan untuk timnas Belgia, dengan koleksi 18 gol, serta membantu mereka finis di posisi ketiga pada Piala Dunia 2018, sebelum menikmati kesuksesan di Liga China bersama Shandong.

“Perjalanan yang saya alami benar-benar indah! Saya bersyukur dapat memainkan olahraga yang saya cintai di level tertinggi,” kata Fellaini yang juga bermain di Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016.

“Saya bangga dapat mewakili Standard (Liege) di Belgia, Everton, dan Manchester United di Inggris, dan Shandong Taishan di China. Saya telah bermain di depan para penggemar terbaik di dunia, dan saya ingin menggunakan momen ini untuk berterima kasih atas dukungan mereka sepanjang karier saya,” tulisnya.

 

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement