Jumat 16 Feb 2024 15:36 WIB

Danilo Bangga Bisa Jadi Kapten Juventus Meski Bukan Orang Italia

Danilo sedikit memutus tradisi si Nyonya Tua.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Juventus FC defender Luiz Da Silva Danilo, center, celebrates with teammates after scoring during the first half of a Champions Cup soccer match against AC Milan, Thursday, July 27, 2023, in Carson, Calif.
Foto: AP Photo/Ashley Landis
Juventus FC defender Luiz Da Silva Danilo, center, celebrates with teammates after scoring during the first half of a Champions Cup soccer match against AC Milan, Thursday, July 27, 2023, in Carson, Calif.

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Pesepak bola asal Brasil, Danilo Luiz da Silva, berbicara tentang sepak terjangnya di Juventus. Danilo termasuk pemain senior di Juve.

Kini ia menjadi kapten I Bianconeri. Itu salah satu pencapaian penting dalam kariernya. Ia sedikit memutus tradisi si Nyonya Tua.

Baca Juga

"Saya sangat bangga menjadi kapten, karena tim dengan tradisi hebat seperti Juventus sudah lama dipimpin pemain-pemain Italia. Setelah musim lalu menjadi wakil kapten, musim ini saya menjadi kapten," kata Danilo kepada TNT Sports Brasil, dikutip dari Football Italia, Jumat (16/2/2024).

Menurutnya, itu karena kapasitas dirinya yang memenuhi standar yang diharapkan. Ia memiliki banyak pengalaman berpetualang di liga-liga besar. Sebelum merapat ke Serie A, Danilo pernah berkostum Real Madrid dan Manchester City.

Itu membantunya berkembang. Tak hanya dari segi teknis tapi juga mentalitas. Ia juga bisa membawa diri dengan baik ketika berkomunikasi dengan rekan setim, wasit dan berbagai elemen di Juventus.

"Fakta bahwa keputusan pelatih diterima dengan baik oleh rekan setim, membuat saya bangga," ujar Danilo.

Ia merasakan kehangatan penggemar lokal di Italia. Ia sering berjumpa dengan para Juventini di berbagai kesempatan. Entah itu saat bertanding  atau ketika di luar lapangan.

Semuanya terasa menyenangkan. Danilo seperti berada di rumah sendiri. Sulit ia ungkapkan dengan kata-kata. 

"Saya juga sangat bangga karena fans Italia yang membawa bendera dan budayanya sendiri sering berterima kasih pada saya karena telah membela Juventus. Saya merasa menjadi bagian dari klub, kota, dan tradisinya," ujar pesepak bola 32 tahun itu.

Pada saat yang sama, Danilo sedikit menyinggung kehidupan pribadinya. Ia berusaha menjalani hal itu senormal mungkin. Ia enggan mengikuti gaya pesepak bola papan atas lainnya yang suka memamerkan kendaraan mewah, dan lain sebagainya.

Tak ketinggalan ia membahas situasi Juve saat ini. Menurut sang kapten, Bianconeri dalam proses pembangunan kembali. Mereka ingin membawa klub tersebut ke habitat asli. Itu berarti skuad polesan Massimiliano Allegri siap bersaing habis-habisan mengejar trofi scudetto dan Coppa Italia.

"Kami ingin kembali ke Liga Champions dan kembali dihormati oleh seluruh dunia sepak bola. Tentu saja, itu juga berarti kami siap menantang perburuan gelar (Serie A) dan Coppa hingga akhir," tutur Danilo, menegaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement