Kamis 29 Feb 2024 18:23 WIB

Pikirkan Soal Makanan Halal, VR 46 Racing Team Bikin Kagum Pertamina Lubricants

Pertamina Lubricants menjalin kerja sama dengan VR 46 Racing Team selama tiga musim.

Pembalap Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team Marco Bezzecchi dalam tes MotoGP di Sepang International Circuit, Malaysia, 8 Februari lalu.
Foto:

Pertamina Lubricants tak sekadar memperhitungkan aspek bisnis saat menjalin kerja sama dengan VR46 Racing Team yang dimulai pada tahun ini, serta Lamborghini Squadra Corse yang sudah memasuki tahun kesembilan. Pertimbangkan memperkenalkan dan mengharumkan Indonesia kepada dunia juga menjadi landasan kerja sama bisnis tersebut.

"Buat kami dua-duanya. Dalam ekspansi market di berbagai negara, misalnya di bagian belakang brosur kami tampilkan destinasi wisata Indonesia seperti Bali, Monas, dan Borobudur. Ini bagian dari upaya kami untuk memperkenalkan Indonesia kepada dunia," kata Nugroho.

Sari Rachmi, Direktur Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, menambahkan, dari sisi bisnis pihaknya bertekad memperkuat posisi sebagai market leader di Indonesia dengan dua produk flagship-nya, Fastron dan Enduro. Menurut Sari, persaingan pasar pelumas di Indonesia sangat ketat. Sejak 2010, sebanyak 250 perusahaan dengan 1.000-an merek masuk ke Tanah Air.

"Kami tak mau mereka menggerogoti market kami," ujar Sari.

Merek Enduro menjadi flagship untuk pelumas motor. Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan pasar motor ketiga terbesar dunia setelah China dan India. Sementara untuk mobil, ada Fastron. Kedua produk ini punya berbagai varian dengan peruntukan sesuai kapasitas mesin.

"Pertamina ingin go global dan mengembangkan pasar yang sudah ada di 14 negara. Fastron dan Enduro menjadi produk andalannya," kata Sari.

Nugroho menambahkan, produk Pertamina tak kalah dari produk serupa buatan negara lain. Fastron bahkan sudah mendapatkan lampu hijau dari Volskwagen Group.

"Untuk penetrasi Eropa, harus ada approval dari VW Group untuk membuat market percaya dan kami sudah dapatkan itu. Kita punya pusat riset dan inovasi pelumas terbesar di Indonesia yang berlokasi di Plumpang. Produk-produk yang kita hasilkan juga berasal dari sentuhan tenaga-tenaga asli Indonesia," jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement