Rabu 06 Mar 2024 23:57 WIB

Kevin Sanjaya tak Kunjung Gabung Pelatnas, Ini Sikap PBSI

Alex Tirta mengungkapkan, Kevin sebelumnya pernah meminta izin.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Rahmat Hidayat (kanan) pasangan baru Kevin Sanjaya Sukamuljo.
Foto: Dok Humas PBSI
Rahmat Hidayat (kanan) pasangan baru Kevin Sanjaya Sukamuljo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Harian PP PBSI, Alex Tirta memberikan pencerahan terkait status Kevin Sanjaya Sukamuljo. Kevin sejatinya termasuk dalam daftar atlet pemusatan latihan nasional (Pelatnas) PBSI. Namun, hingga kini, rekan Marcus Fernaldi Gideon itu belum bergabung bersama atlet lain.

"Dalam surat keputusan (SK) pemanggilan, Kevin termasuk dipanggil. Tapi sampai saat ini, dia bisa disebut belum maksimal datang," kata Alex Tirta kepada wartawan di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (6/3/2024).

Baca Juga

Kevin Sanjaya, yang merupakan salah satu pebulu tangkis sektor ganda putra terbaik, termasuk dalam daftar 87 pebulu tangkis penghuni Pelatnas PBSI 2024. Namun dia diketahui belum hadir mengikuti latihan rutin bersama rekan-rekannya sejak PBSI mengumumkan komposisi atlet pada Januari 2024.

PBSI mengatakan, jika Kevin memutuskan mundur, pihaknya akan menggantikan posisinya dengan atlet kategori pratama. "Saya kira soal penggantian itu, kuota kita siapkan dari yang baru-baru. Jadi yang dari bawah (Pratama) yang naik (andai Kevin keluar Pelatnas)," kata Alex menambahkan. 

Status Kevin Sanjaya hingga saat ini masih belum jelas, menyusul belum kembalinya Minions dalam Pelatnas PBSI. Duet Minions sendiri sejatinya sudah terhenti sejak November 2023. Kevin dipasangkan dengan Rahmat Hidayat, menyusul kondisi Marcus yang tengah dalam pemulihan setelah operasi tumit.

Alex Tirta mengungkapkan, Kevin sebelumnya pernah meminta izin belum bisa bergabung dengan Pelatnas PBSI karena tengah mengurus keperluan istrinya yang hendak melahirkan. "Kevin sebelumnya istrinya hamil. Yang lalu, dia menyampaikan minta waktu menunggu istrinya untuk mungkin pemeriksaan dan lain-lain," kata Alex.

"Jadi, kita masih tunggu, ini baru diangkat Binpres baru Ricky Soebagja. Itu sudah ada pembicaaan Ricky akan panggil Kevin untuk memastikan statusnya. Jadi bisa memutuskan terkait ke depan terkait pasangannya, Gideon," ujarnya menambahkan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement