Jumat 08 Mar 2024 15:56 WIB

Banding Ditolak, Persib Vs Persija tanpa Penonton

Persib wajib mematuhi dan menghormati keputusan yang telah diambil oleh KB.

Sejumlah suporter PSIS Semarang memaksa masuk ke Stadion Si Jalak Harupat saat pertandingan Persib Bandung melawan PSIS yang berakhir skor 3-0 untuk tim tuan rumah, Selasa (27/2/2024) malam.
Foto: Dok Republika
Sejumlah suporter PSIS Semarang memaksa masuk ke Stadion Si Jalak Harupat saat pertandingan Persib Bandung melawan PSIS yang berakhir skor 3-0 untuk tim tuan rumah, Selasa (27/2/2024) malam.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Upaya banding Persib agar pertandingan pekan ke-28 kompetisi Liga 1 musim 2023/2024 melawan Persija di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung, Sabtu, 9 Maret 2024, pukul 15.00 WIB agar bisa disaksikan penonton tetap ditolak oleh Komite Banding PSSI.

Melalui surat bernomor 008/KEP/KB/BRI-LIGA 1/III/2024 Tentang Banding Atas Sanksi Disiplin Terhadap Klub Persib Bandung yang baru kami terima hari ini, Jumat, 8 Maret 2024 (H-1 menjelang pertandingan), Komite Banding PSSI memutuskan menolak permohonan dan alasan banding Persib bernomor 05/DIR-PBB/III/2024 tertanggal 3 Maret 2024, serta menguatkan Keputusan Komite Disiplin PSSI Nomor: 191/L1/SK/KD-PSSI/III/2024 tertanggal 1 Maret 2024.

Baca Juga

Dalam pertimbangannya pada poin 5, Komite Banding PSSI memperoleh adanya fakta hukum pada tanggal 27 Februari 2024 di luar perimeter stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung telah terjadi kerusuhan antara suporter Persib Bandung dan PSIS Semarang setelah selesai pertandingan.

Kemudian pada poin 7, Komite Banding PSSI juga menyebutkan bahwa meskipun terjadinya kerusuhan tersebut tidak dapat dilepaskan dari kehadiran suporter PSIS Semarang, tetapi suporter Persib Bandung yang bentrok dengan melakukan kerusuhan terhadap suporter PSIS Semarang tidak dapat dijadikan pembenaran atas pelanggaran yang dilakukan oleh suporter PSIS Semarang. Dengan kata lain, kesalahan suporter PSIS Semarang tidak menghapus kesalahan suporter Persib Bandung.

"Tentu saja kami sangat menyayangkan keputusan dari Komite Banding PSSI tersebut. Kami juga mengecam tindakan oknum-oknum suporter yang tidak bertanggung jawab, karena sangat sangat merugikan, bukan hanya PERSIB, tetapi Bobotoh yang antusias ingin menyaksikan pertandingan ini," demikian bunyi pernyataan resmi Persib dikutip pada Jumat (8/3/2024). 

Namun, sebagai klub profesional dan juga salah satu peserta kompetisi Liga 1, Persib wajib mematuhi dan menghormati keputusan yang telah diambil oleh Komite Banding PSSI tersebut.

Berdasarkan keputusan Komite Banding PSSI tersebut, pertandingan Persib vs Persija di stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada tanggal 9 Maret 2024 tidak bisa dihadiri oleh penonton.

"Oleh karena itu kami menghimbau, agar seluruh penonton tidak datang ke stadion Si Jalak Harupat. Sebab, kita semua harus sama-sama menjaga agar pertandingan tersebut dapat berjalan dengan penuh sportivitas dan kondusif. Selain itu, hal ini juga untuk menghindari potensi munculnya sanksi yang lebih berat untuk Persib dan juga Bobotoh," lanjut pernyataan resmi tersebut. 

.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement