Rabu 13 Mar 2024 13:17 WIB

Jay Idzes tak Sabar Merumput Bersama Timnas Indonesia Lawan Vietnam

Jay Idzes resmi mengantongi paspor Indonesia sejak 28 Desember 2023.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Jay Idzes.
Foto: dok Venezia Calcio
Jay Idzes.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemain keturunan Indonesia, Jay Idzes mengatakan dirinya sudah tidak sabar melakukan debut bersama Timnas Indonesia. Pemain yang merumput di klub Serie-B, Venezia tersebut saat ini dalam kondisi siap membela Indonesia.

Jay Idzes resmi mengantongi paspor Indonesia sejak 28 Desember 2023. Jay mengucap sumpah setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta.

Baca Juga

Proses perpindahan federasi Jay Idzes dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia) juga sudah rampung sejak Februari lalu. Karena itu, Jay tinggal menunggu waktu untuk melakukan debut bersama timnas Indonesia.

Jay Idzes berpeluang tampil perdana untuk Tim Merah Putih pada laga lanjutan putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia Grup F kontra Vietnam. Ia termasuk dalam daftar 28 nama pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan (TC) di Jakarta pada 17 Maret 2024.

"Tentu saja saya merasa sangat bangga. Ini (membela Timnas Indonesia) merupakan suatu kehormatan besar bagi saya dan keluarga saya," kata Jay Idzes dikutip dari laman resmi PSSI, Rabu (13/3/2024).

Timnas Indonesia akan menghadapi The Golden Star Warriors pada 21 dan 26 Maret 2024. Yang menjadi lebih spesial, Jay berpeluang debut di markas Timnas Indonesia, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. SUGBK jadi venue yang dipilih PSSI saat Skuad Garuda menjamu Vietnam pada 21 Maret 2024 nanti.

"Saya sangat bersemangat dan tak sabar untuk bertemu dengan (rekan-rekan di dalam) tim. Ini adalah sesuatu yang telah lama saya pikirkan dan bicarakan. Jadi ini sangat istimewa," tambahnya.

Selain Jay, ada beberapa nama baru yang mendapatkan panggilan, yakni Nathan Tjoe-A-On, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen. Namun belun dapat dipastikan apakah Thom dan Ragnar bakal bergabung pada 17 Maret nanti. Pasalnya keduanya belum mengambil sumpah WNI. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement