Rabu 13 Mar 2024 19:11 WIB

Tersingkirnya Napoli Ternyata Menguntungkan Juventus, Kok Bisa?

Piala Dunia Antarklub kini akam digelar satu kompetisi penuh.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Napoli Victor Osimhen, kiri, ditantang Barcelona Ronald Araujo saat laga leg kedua Liga Champions babak 16 besar antara Barcelona dan SSC Napoli di stadion Olympic Lluis Companys di Barcelona, Spanyol,  Rabu (13/3/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Napoli Victor Osimhen, kiri, ditantang Barcelona Ronald Araujo saat laga leg kedua Liga Champions babak 16 besar antara Barcelona dan SSC Napoli di stadion Olympic Lluis Companys di Barcelona, Spanyol, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA --  Perjalanan Napoli di Liga Champions UEFA (UCL) musim ini berdampak pada kans Juventus berlaga di Piala Dunia Antarklub edisi terbaru. Jika Napoli melaju minimal sampai ke semifinal UCL, maka tim tersebut menjadi salah satu wakil Italia di Piala Dunia nantinya.

Sayangnya, I Partenopei harus menunggu kesempatan berikutnya untuk mencoba peruntungan. Langkah skuad biru langit di UCL musim 2023/24 terhenti di babak 16 besar.

Baca Juga

Napoli disingkirkan Barcelona. Tiga pekan lalu, duel di Stadion Diego Armando Maradona, berkesudahan imbang 1-1. Teranyar, I Ciucciarelli takluk 1-3 dari tuan rumah El Barca di Estadi Olimpic Lluis Companys, Rabu (13/3/2024) dini hari WIB. 

Secara keseluruhan Victor Osimhen dan rekan-rekan kalah agregat 2-4. Mimpi melangkah jauh di Benua Biru, pupus. Pada saat yang sama, situasi ini berpotensi menghadirkan sedikit kegembiraan di kamar ganti I Bianconeri.

"Tersingkirnya Napoli di babak 16 besar Liga Champions malam ini membuat secara matematis, Juventus lolos ke Piala Dunia Antarklub bersama Inter Milan," demikian laporan yang dikutip dari Football Italia.

Sebelumnya, kubu Partenopei sempat menunjukkan ketidakpuasan terkait fakta ini. Presiden Aurelio De Laurentiis berharap Juve dicoret dari Piala Dunia. Ia merujuk pada permasalahan laporan keuangan di si Nyonya Tua, musim lalu.

Namun FIFA tetap pada keputusannya. Meski tidak tampil di pentas Eropa musim ini, poin Raksasa Turin masih lebih baik dari Napoli. De Laurentiis tak bisa berbuat banyak.

Satu slot untuk wakil Italia lainnya sudah dimiliki Inter. Sebanyak 32 tim menjadi peserta. Turnamen tersebut akan diselenggarakan empat tahun sekali, melibatkan klub-klub di seluruh dunia.

Edisi perdana Piala Dunia Antarklub format terbaru ini akan dimainkan di Amerika Serikat. Tepatnya pada Juni 2025. Peserta dibagi dalam delapan grup yang berisi masing-masing empat tim.

Kembali ke situasi Napoli. Sepulangnya dari Barcelona, I Partenopei akan mengalihkan fokus ke liga domestik. Skuat biru langit dijadwalkan bertemu tuan rumah Inter pada giornata ke-29 Serie A di Stadion Giuseppe Meazza, Milan, Senin (18/3/2024) dini hari WIB.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement