Selasa 07 May 2024 21:40 WIB

Trofi Bola Emas Milik Maradona akan Dilelang

Bola Emas yang dimenangi Diego Maradona diharapkan menghasilkan jutaan dolar.

 Superstar sepak bola Argentina Diego Armando Maradona
Foto: AP Photo/Massimo Sambucetti
Superstar sepak bola Argentina Diego Armando Maradona

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Trofi Bola Emas milik Diego Maradona, yang dimenangkannya saat dinobatkan sebagai pemain terbaik pada Piala Dunia 1986, akan dilelang di Prancis pada Juni. Rumah lelang Aguttes menampaikan hal ini pada Selasa.

Ini adalah Bola Emas pertama yang akan dilelang. Meskipun nilainya masih belum dikonfirmasi, rumah lelang tersebut memperkirakan akan menghasilkan jutaan dolar pada 6 Juni.

Baca Juga

Maradona, yang meninggal pada tahun 2020, memenangkan penghargaan itu setelah memimpin Argentina meraih kemenangan Piala Dunia di Meksiko. Ia mencetak lima gol di putaran final di mana ia menjadi kapten negaranya dan bermain dalam setiap menit turnamen.

Turnamen itu mungkin paling diingat karena dua gol Maradona ke gawang Inggris di perempat final.

Maradona melompati kiper Inggris Peter Shilton saat ia mencetak gol pertama dengan kepalan tangannya, yang kemudian dijuluki sebagai gol "Tangan Tuhan".

Gol kedua merupakan sebuah aksi slalom yang luar biasa dari daerah pertahanan sendiri, saat ia menggiring bola melewati lima pemain Inggris, dan terpilih sebagai "Gol Abad Ini".

Seragam yang ia kenakan pada hari itu, bersama dengan bola dari pertandingan tersebut, keduanya telah terjual dalam pelelangan.

Setelah penampilannya melawan Inggris, Maradona kemudian mencetak dua gol yang mengalahkan Belgia di semifinal. Argentina memenangkan pertandingan final yang mendebarkan dengan skor 3-2 atas Jerman Barat.

Penghargaan Bola Emas diperkenalkan pada Piala Dunia 1982, dan daftar pemenangnya meliputi Paolo Rossi dari Italia, Romario dan Ronaldo dari Brasil, Zinedine Zidane dari Prancis, sementara Lionel Messi dari Argentina adalah satu-satunya pemain yang memenangkan penghargaan ini dua kali.

Penghargaan Maradona sempat menghilang sebelum muncul kembali di antara beberapa trofi di ruang lelang. Baru-baru ini, penghargaan tersebut dipercayakan kepada Aguttes, yang melakukan investigasi atas asal-usulnya dan berhasil mengesahkannya sebagai trofi Adidas Golden Ball milik Maradona.

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement