Senin 27 May 2024 22:57 WIB

Roberto De Zerbi Jadi Kandidat Keempat Pelatih Chelsea Gantikan Pochettino

Chelsea menginginkan pelatih yang dinamis, berpikiran maju, dan progresif.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Mantan pelatih Brighton and Hove Albion Roberto De Zerbi jadi salah satu kandidat pelatih Chelsea.
Foto: Adam Davy/PA via AP
Mantan pelatih Brighton and Hove Albion Roberto De Zerbi jadi salah satu kandidat pelatih Chelsea.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Roberto De Zerbi menjadi kandidat keempat dalam daftar calon manajer Chelsea untuk menggantikan Mauricio Pochettino. Namanya bersaing dengan Kieran McKenna dari Ipswich, Enzo Maresca dari Leicester, dan Thomas Frank dari Brentford. 

Mantan pelatih Brighton itu dalam posisi kuat dalam persaingan ini, seperti dilaporkan oleh Daily Mail pada Senin (27/5/2024). 

Baca Juga

Sebelumnya, hanya identitas McKenna, Maresca dan Frank yang diketahui, dan Chelsea berharap dapat mengumumkan pelatih kepala berikutnya pada awal Juni. Chelsea telah menyusun daftar empat pelatih tersebut dengan keinginan untuk menemukan pelatih yang dinamis, berpikiran maju, dan progresif yang sesuai dengan ideologi klub. 

Mereka juga tertarik pada kandidat yang memiliki pengalaman di sepak bola Inggris pada level tinggi. De Zerbi akan cocok dengan arahan itu, bisa dibilang lebih cocok dari McKenna dan Maresca belum pernah menjadi pelatih kepala di klub Liga Primer Inggris sebelumnya.

Gaya sepak bola menyerangnya juga dikagumi secara luas saat Chelsea mencari pelatih kepala yang bisa mendominasi penguasaan bola dan mengontrol permainan. 

Nama Xavi Hernandez tidak masuk pertimbangan meskipun ia sudah meninggalkan Barcelona. Aadapun Sebastian Hoeness dari Stuttgart dan Michel dari Girona telah keluar dari nomine dan Ruben Amorim dari Sporting Lisbon tidak masuk dalam daftar.

De Zerbi meninggalkan Brighton atas persetujuan bersama kurang dari dua pekan lalu. Namun, jika Chelsea ingin merekrutnya, mereka masih harus membayar kompensasi kepada Seagulls sekitar 5 juta poundsterling. Brighton memastikan untuk memasukkan syarat itu sebagai bagian dari perjanjian mereka jika ada klub lain yang merekrut pelatih Italia itu, karena masih memiliki kontrak hingga 2026.

Belum ada indikasi siapa yang difavoritkan untuk pekerjaan Chelsea. Namun, sebuah jajak pendapat yang dilakukan di media sosial kemarin meminta para penggemar untuk memilih siapa yang mereka inginkan untuk menjadi manajer Chelsea berikutnya. De Zerbi memperoleh 74,5 persen dari 17 ribu suara yang diajukan dalam dua jam, diikuti oleh Maresca dengan 11,9 persen, McKenna dengan 8,8 persen, dan Frank dengan 4,8 persen.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement