Senin 21 Mar 2011 12:10 WIB

Bintang Madrid Kelelahan Usai Susah Payah Tekuk Atletico

Jose Mourinho
Foto: footballspotlite.com
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID - Pelatih Real Madrid Jose Mourinho mengakui timnya menderita kelelahan setelah bintang-bintangnya berusaha keras meraih kemenangan 2-1 atas saingan sekota Atletico Madrid, Sabtu, sehingga tetap terpaut lima poin di bawah Barcelona dalam perburuan gelar. Real membutuhkan penampilan cemerlang dari penjaga gawang sekaligus kapten mereka Iker Casillas untuk meraih ketiga poin di Vicente Calderon setelah gol pada babak pertama dari Karim Benzema dan Mesut Ozil membuat mereka unggul 2-0.

Itu adalah pertandingan besar kedua dalam empat hari bagi Madrid, setelah mengalahkan Lyon 3-0 pada Rabu untuk mencapai perempat final Liga Champions, dan pelatih asal Portugal Mourinho mengakui para bintangnya membutuhkan istirahat. "Mereka (Atletico) punya satu minggu untuk menyiapkan diri menghadapi duel dan kami, dua hari," kata Mourinho. "Timnya kelelahan. Saya juga lelah dan saya pelatihnya. Babak kedua sulit. Kami tidak bisa memukul mereka dalam serangan balik.

"Kami bertahan sebaik mungkin dan kami meraih kemenangan derby yang penting. Mereka semua lelah, secara fisik dan mental." Real masih berjuang untuk tiga trofi setelah mencapai final Piala Raja, perempat final Liga Champions dan mereka terus berusaha dan mengejar Barcelona dalam perburuan gelar liga.

Kapten Spanyol Casillas tidak pelak lagi menjadi bintang pertandingan bagi Real setelah melakukan empat atau lima hadangan dan Mourinho memuji kaptennya itu. "(Iker) Casillas telah melakukan pekerjaan dengan fantastik. Saya senang jika kiper saya tidak banyak pekerjaan dalam pertandingan, namun ada banyak yang harus ia lakukan dan ia luar biasa," kata Mourinho.

"Atletico telah menunjukkan semangat besar dan kualitas permainan mereka, dan Madrid punya jawaban untuk mereka yang mengira bahwa liga berakhir hari ini. "Saya sangat khawatir (disamakan kedudukannya), tetapi pada saat yang sama saya percaya penuh kepada mental dan semangat juang para pemain. Saya tahu sepak bola dan banyak hal terjadi pada menit terakhir dan mengubah hasil. Tetapi mereka berjuang, mereka memberikan segalanya dan saya gembira untuk para pemain."

Satu titik lemah bagi Madrid adalah cederanya Cristiano Ronaldo karena pemain sayap Portugal itu, yang baru saja kembali dari cedera paha, pincang dengan cedera urat lutut yang diperkirakan akan membuatnya absen selama dua hingga tiga pekan. "Saya ingin mengistirahatkan dia (Ronaldo), tetapi saya tidak ingin kejuaraan berakhir hari ini dan Cristiano Ronaldo sangat penting bagi kami," papar Mourinho. "Berisiko memainkan dia, tetapi Anda perlu menghidupkan hari demi hari."

Real membuntuti pemimpin klasemen Barcelona dengan terpaut lima poin dengan sembilan pertandingan tersisa meskipun satu adalah 'El Clasico' kedua antara kedua tim di Santiago Bernabeu pada akhir pekan 16/17 April. "Adalah penting kami menang untuk tetap bertahan dalam perburuan gelar," kata pemainan belakang Real Ricardo Carvalho. "Jika kami ingin memenangi gelar kami harus memenangi semua pertandingan tersisa."

sumber : Antara/ AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement