Selasa 30 Mar 2010 03:14 WIB

Eriksson Arsiteki Pantai Gading di Piala Dunia 2010

Sven-Goran Eriksson
Foto: guardian.co.uk
Sven-Goran Eriksson

DAKAR--Federasi Sepakbola Pantai Gading (FIF), Senin (29/3), mengumumkan bahwa mantan pelatih tim nasional Inggris, Sven-Goran Eriksson, sudah ditetapkan sebagai pelatih Pantai Gading. Eriksson akan mengarsiteki Pantai Gading di putaran final Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Dalam pernyataan yang dikutip situs resmi www.fif.com, dari beberapa kandidat, Eriksson akhirnya dipilih untuk menggantikan pelatih asal Bosnia, Vahid Halilhodzic, yang dipecat sejak Februari lalu karena gagal mengantar Pantai Gading ke semifinal Piala Afrika beberapa waktu lalu.

"Komite eksekutif telah menganalisis beberapa calon sebelum memilih Sven-Goran Eriksson. Ia akan bertugas selama putaran final Piala DUnia 2010 dan ia mendapatkan gaji yang sangat pantas karena pasti sulit di kompetisi yang diikuti 32 tim terbaik," kata FIF dalam pernyataan tersebut.

Pada Piala Dunia 2010 yang berlangsung 11 Juni sampai 11 Juli mendatang, Pantai Gading berada di Grup G bersama Brasil, Portugal, dan Korea Utara.

Eriksson, pelatih berusia 62 tahun, sebelumnya memiliki pengalaman sebagai pelatih berbagai klub di negara asalnya Swedia. Ia kemudian berkelana sebagai pelatih tim nasional Portugal, Italia, dan Inggris.

Eriksson juga pernah bergabung dengan Manchester City pada 2007. Tapi ia gagal saat menjadi pelatih nasional Meksiko pada 2008-2009. Tahun lalu, ia dipercaya sebagai direktur sepakbola klub divisi empat Inggris, Notts County, tapi mengundurkan diri sejak Februari lalu.

Di bawah Eriksson, tim nasional Inggris tersingkir di perempat final di tiga turnamen penting secara beruntun, yaitu Piala Dunia 2002, Euro 2004, dan Piala Dunia 2006.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement