Jumat 23 Apr 2010 07:17 WIB

Manchester United Tetap Klub Terkaya di Dunia

MU kembali jadi klub terkaya.
MU kembali jadi klub terkaya.

MANCHESTER--Manchester United (MU) masih merupakan klub paling bernilai di dunia. Paling tidak menurut versi Majalah Forbes.

Pemegang gelar Juara Liga Primer Inggris, yang berada di peringkat kedua dalam daftar klub kaya yang disusun oleh Deloitte bulan Februari lalu, kembali menjadi pamuncak di atas Real Madrid.

Forbes menyatakan MU bernilai 1,84 miliar dolar AS, Real Madrid 1,32 dolar AS, sedangkan Arsenal berada di posisi ketiga dengan nilai 1,181 dolar AS.

Forbes menggunakan data mengenai pemasukan, seperti dari hak siar, sponsor, penjualan tiket, serta penjualan berbagai produk terkait klub.

Barcelona, raksasa Spanyol selain Real Madrid, berada di peringkat keempat dalam daftar yang mencakup 20 klub tersebut. Enam klub Liga Primer Inggris masuk jajaran terkaya veris Forbes, plus Newcastle United yang kini berada di Divisi I.

Liverpool, Chelsea, dan AC Milan masuk ke 10 teratas, tapi nilai ketiga klub itu masing-masing turun 19 persen dibanding periode 2008/2009. Juventus dan Olympic Marseille mencatat kenaikan nilai terbesar. Nilai masing-masing klub menguat 9% persen pada tahun sebelumnya.

''Uang sponsor dan pemasukan dari media yang meningkat menandakan kabar masih terus bagus bagi para investor,'' kata Michael Ozanian, editor nasional Forbes. Namun, nilai rata-rata klub dalam daftar terbaru Forbes turun 8,5 persen.

sumber : bbc.co.uk/indonesia
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement