Rabu 05 May 2010 17:49 WIB

Tekuk Tenerife, Barca Lewati Rekor Madrid

Lionel Messi
Lionel Messi

BARCELONA--Barcelona mendapatkan dua hasil memuaskan ketika menggasak Tenerife 4-1 di Stadion Nou Camp, Rabu dinihari WIB (5/50. Selain untuk sementara memperlebar jarak dengan Real Madrid di klasemen La Liga Spanyol, Barca juga melewati rekor poin seteru abadinya itu.

Kemenangan atas Tenerife ini membuat Barca mengumpulkan poin 93 dari 36 pertandingan yang sudah dilalui. Koleksi angka tersebut melewati nilai 92 milik Madrid yang ditorehkan pada musim 1996/1997. Rekor ini menjadi istimewa, karena saat itu La Liga diikuti 22 tim. Sedangkan pada musim ini ada 20 tim.

Hasil itu menjadikan Barca unggul empat poin dari Madrid. Madrid yang kini mengumpulkan nilai 89 berpeluang mendekati Barca bila mengalahkan tuan rumah Real Mallorca, Kamis dinihari WIB (6/5).

Striker Barca Lionel Messi kembali menjadi bintang pertandingan. Pemain asal Argentina tersebut menyumbang dua gol pembuka dan penutup di pertandingan tersebut. Dua gol Barca lainnya dilesakkan Bojan Krkic dan Pedro.

Barca mengawali laga dengan formasi 4-3-3 dengan menempatkan trio penyerang Messi, Krkic, dan Zlatan Ibrahimovic. Menghadapi tim yang terancam degradasi ini, Barca langsung memberikan tekanan.

Laga baru berjalan empat menit, Messi memberikan bola kepada Xavi yang dilanjutkan gelandang Barcelona ini dengan umpan silang kepada Ibrahimovic. Namun sebelum bola sempat disambar, Manolo Martinez sudah menyundulnya keluar lapangan.

Beberapa menit kemudian, Carlos Puyol membuat kesalahan fatal, sehingga bola dikuasai Daniel Kome. Beruntung tendangan Kome tidak tepat sasaran, sehingga bola hanya melewati mistar gawang.

Akhirnya Messi memecahkan kebuntuan pada menit ke-17 untuk membawa Barcelona unggul 1-0. Messi menyambut umpan silang Dani Alves dari sisi kanan serangan Barca.

Namun keunggulan itu tidak berhasil dipertahankan, kendati Barca menguasai permainan. Lagi-lagi Puyol melakukan kesalahan, sehingga bola direbut Kome yang langsung memberikan umpan kepada Roman. Kiper Victor Valdes pun tidak mampu membendung tendangan Roman pada menit ke-39.

Di babak kedua, pelatih Pep Guardiola melakukan pergantian pemain, dengan menarik Pique untuk memasukkan Pedro. Hasilnya, Barca mendominasi permainan sepanjang 45 menit kedua. Sejumlah peluang berhasil di dapat, namun tidak membuahkan gol.

Barca menggandakan keunggulannya pada menit ke-63. Alves memberikan umpan kepada Bojan, dan pemain muda Blaugrana ini pun tanpa kesulitan berarti menceploskan bola ke gawang Tenerife.

Pedro selanjutnya memperbesar keunggulan Barca di menit ke-77. Messi yang terlalu dibiarkan bergerak bebas mendatangkan malapetaka bagi Tenerife ketika umpannya diselesaikan dengan baik oleh Pedro.

Tenerife sempat menceploskan bola ke gawang Barca dua menit kemudian, namun Nino terlebih dahulu berada dalam posisi off-side. Messi akhirnya memastikan kemenangan Barcna menjadi 4-1 saat injury time memanfaatkan umpan Alves.

Klasemen Liga Spanyol 2024/2025
Pos Team Main Menang Seri Kalah Gol -/+ Poin
1 Barcelona Barcelona 8 7 0 1 25 16 21
2 Real Madrid Real Madrid 8 5 3 0 17 11 18
3 Villarreal Villarreal 8 5 2 1 17 2 17
4 Atletico Madrid Atletico Madrid 8 4 4 0 12 8 16
5 Athletic Club Athletic Club 8 4 2 2 12 4 14
sumber : Goal.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement