Selasa 03 Aug 2010 01:45 WIB

Wenger tidak Jadi Beli Gelandang

Rep: Israr/ Red: Endro Yuwanto
Arsene Wenger
Arsene Wenger

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON--Arsene Wenger berubah pikiran. Pelatih Arsenal ini mengurungkan niatnya untuk membeli pemain tengah lagi di bursa transfer musim panas ini. Aksi impresif Jack Wilshere dan Emmanuel Frimpong, dua pemain muda Arsenal menjadi alasannya.

Sebelumnya 'The Professor', julukan Wenger, tidak yakin keduanya sudah cukup matang untuk bermain secara teratur. Namun, setelah melihat aksi kedua pemain tersebut di turnamen pramusim Emirates Cup, Wenger menyadari ia keliru. Wilshere dan Frimpong mendapat kesempatan setelah Cesc Fabregas, Abou Diaby, dan Denilson absen di laga pramusim.

Wenger terpukau oleh aksi Wilshere dan Frimpong, keduanya 18 tahun, saat Arsenal menahan imbang AC Milan 1-1. Mereka tidak canggung dan mampu meladeni pemain yang lebih berpengalaman di kubu lawan, Gennaro Gattuso dan Clarence Seedorf .

Aksi keduanya berlanjut saat Arsenal membungkam Celtic 3-2 sekaligus mempertahankan gelar serupa yang diraih musim lalu.

''Pada awalnya saya tidak yakin Wilshere dan Frimpong bisa menjadi pemain tengah, tapi mereka menunjukkan bisa bermain di sana,'' ujar Wenger seperti dikutip AFP. ''Wilshere telah bekerja dengan baik. Pada usia 18 tahun kamu harus bersabar tapi saya percaya dia lebih tangguh dibandingkan tahun lalu.''

Menurut Wenger, bermain semusim sebagai pemain pinjaman di Bolton Wanderers memberikan efek positif bagi Wilshere. Ia tidak ragu menahan bola lebih lama dan mampu menciptakan skema serangan layaknya pemain berpengalaman.

Pelatih asal Prancis ini juga memuji Frimpong yang disebut sebagai gelandang petarung. Pemain ini bisa bermain untuk Inggris atau pun Ghana. ''Jika saya orang Inggris, maka saya akan pastikan dia tidak kemana-mana,'' kata Wenger.

Walau tidak berniat mencari pemain tengah, Wenger masih punya banyak tugas terkait pembelian pemain. Ia masih ingin menambah setidaknya satu bek tengah setelah kepergian Sol Campbell, William Gallas, dan Mikael Silvestre.

Arsenal butuh kiper cadangan dan mengincar Mark Schwarzer dari Fulham. Arsenal harus menyelesaikan semuanya sebelum laga pembuka Liga Primer menghadapi Liverpool, 14 Agustus mendatang. Atau setidaknya hingga bursa transfer ditutup akhir bulan ini.

Dengan persoalan transfer yang masih tersisa, Wenger masih bisa tersenyum lebar. Selain puas dengan aksi Wilshire dan Frimpong, ia juga gembira melihat performa striker Marouane Chamakh dan bek Laurent Koscielny, dua pemain yang baru bergabung musim ini.

Chamakh mencetak gol saat Arsenal menahan imbang Milan dan bermain impresif sebagai pemain pengganti ketika timnya mengalahkan Celtic. Sementara Koscielny tampil menawan di kedua pertandingan.

''Secara keseluruhan saya sangat gembira atas dua pertandingan tersebut. Saya telah melihat dua pemain baru masuk ke dalam tim dengan baik dan pemain-pemain muda telah menunjukkan mereka bisa berkontribusi,'' ucap Wenger.

sumber : ap/reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement