Selasa 21 Sep 2010 18:58 WIB

Peraih Medali Emas Asian Games Dijanjikan Bonus Rp 400 Juta

Medali emas
Medali emas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Untuk merangsang atlet nasional yang dikirim ke Asian Games XVI Guangzhou Cina mempersembahkan prestasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menjanjikan bonus Rp 400 juta bagi atlet peraih medali emas.

"Untuk peraih medali perak direncakan dapat bonus Rp 200 juta dan perunggu Rp 50 juta. Sedang pelatih yang atletnya meraih medali emas dijanjikan bonus Rp 100 juta, perak Rp 50 juta, dan perunggu Rp 30 juta," ujar Sekretaris Menpora, Wafid Muharam, Senin malam (20/9).

Wafid mengatakan, bonus yang dijanjikan jumlahnya disesuaikan dengan prestasi atlet yang diraih dalam Asian Games XVI Guangzhou Cina, November mendatang. Dengan begitu sudah tentu dana yang dipersiapkan untuk pemberian bonus pada atlet belum dapat disebutkan.

Sedang tahun 2006 di Doha Qatar, kontingen Indonesia membawa 2 medali emas, 4 perak, dan 14 perunggu. Adapun di Asian Games XVI di Guanzhou, Cina, KOI berani memberikan target empat medali emas dari 24 cabang yang diikuti kontingen Indonesia. Karena jumlah kontingen Indonesia belum dapat ditentukan, setelah ada pengurangan satu cabang yaitu softbol.

Melalui pengurangan tersebut, kata Wafid, sudah tentu jumlah atletnya juga dikurangi. Pengurangan cabang softbol menuju Asian Games XVI tidak dilakukan oleh kantor Menpora, namun merupakan hasil rapat dengan pemangku kepentingan yang duduk dalam KOI maupun Satuan Pelaksana Program Indonesia Emas (Satlak Prima).

Menurut Wafid, pengiriman atlet ke multievent internasional jangan dikaitkan dengan dana karena pemerintah sudah tentu akan memperjuangkan atletnya tampil dalam multi event Asia maupun dunia, dengan catatan atletnya bisa menjanjikan meraih prestasi optimal.

''Namun bila prestasi yang dimiliki atletnya sulit untuk membuahkan prestasi di Guangzhou, maka untuk apa memaksakan diri tampil di Asian Games,'' tegas Wafid.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement