Senin 11 Oct 2010 22:29 WIB

Blanc tak Terburu-buru Tentukan Kapten Timnas Prancis

Pelatih Timnas Prancis
Pelatih Timnas Prancis

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS--Pelatih tim nasional Prancis Laurent Blanc Minggu (10/10) mengatakan bahwa dirinya tidak akan terburu-buru untuk menetapkan seorang kapten yang permanen. Kemungkinan penentuan kapten tersebut pada beberapa akhir pertandingan kualifikasi Euro 2012.

Pelatih berusia 44 tahun itu berbicara sehari setelah timnya mengalahkan Romania 2-0 untuk mencatat dua kemenangan berturut-turut dalam babak kualifikasi itu setelah membukanya dengan kekalahan yang memalukan 0-1 dalam pertandingan kandang melawan Belarus. Blanc, yang menggantikan Raymond Domenech karena mengundurkan diri setelah putaran final Piala Dunia yang berakhir memalukan bagi timnas Prancis pada Juni lalu, menyerahkan tanda kapten di lengan kepada Alou Diarra pada pertandingan melawan Romania.

Namun, Blanc, yang mengakhiri tugasnya sebagai pelatih Bordeaux dengan mengantar tim itu meraih gelar juara liga utama 2009, mengatakan Diarra, pemain tengah Bordeaux, sudah menampilkan dengan baik peranannya di lini tengah tersebut. Tetapi masih ada para calon lain yang akan diuji coba sebagai kapten timnas.

Posisi kapten itu kosong sejak Patrice Evra diskors untuk dilarang bermain pada lima pertandingan atas peranannya dalam kegagalan tim tersebut di Piala Dunia lalu di Afrika Selatan. "Keputusan untuk merotasi posisi kapten itu tidak dilakukan secara acak tetapi seseorang yang saya pilih setelah melewati proses pemikiran yang lama, untuk melihat siapa orang terbaik yang bisa mengisi jabatan itu," ujar Blanc, yang pernah bermain di timnas Piala Dunia 1998 World Cup dan Euro 2000 yang berhasil membawa pulang kedua piala itu.

"Tetapi pada saat bersama kami tidak akan merotasi tugas sebagai kapten itu kepada 11 pemain karena ada pula pemain yang tidak mampu melakukannya," tambahnya. "Tugas sebagai kapten akan dirotasi antara tiga sampai lima pemain dan setelah itu saya baru akan mengambil suatu keputusan di akhir babak kualifikasi ini," kata Blanc. "Waktunya akan kami tentukan sendiri," katanya.

Namun, Blanc mengakui bahwa jika seseorang benar-benar terlihat menonjol dibanding yang lainnya sebelum waktu yang ditetapkan maka dia tidak akan tagu-ragu lagi untuk menunjuknya sebagai sebagai kapten yang permanen. "Terus terang jika seseorang memiliki performa yang luar biasa kami tidak akan menunggu lebih lama lagi untuk segera memutuskannya," ujarnya.

"Untuk sementara ini, kami tengah mengamati dan menganalisis. Memang benar Alou (Diarra) melakukan tugasnya sebagai kapten dengan sangat baik tetapi saya masih mau melihat dulu performa Philippe (Mexes) atau juga Flo (Malouda) dan mereka juga akan menjadi calon kapten," katanya.

sumber : ant/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement