Ahad 26 Dec 2010 08:08 WIB

Mourinho Klaim Dirinya Pelatih Terbaik 2010

Jose Mourinho
Jose Mourinho

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Penyerahan trofi bagi Permain Terbaik Dunia, termasuk Pelatih Terbaik Dunia 2010 versi FIFA baru akan dihelat Januari 2011 mendatang. Namun mantan pelatih Inter Milan Jose Mourinho sudah meradang.

Pasalnya, sekalipun berhasil membawa Inter menjadi tiga juara sekaligus -- Liga Champions, Serie-A, dan Piala Italia -- nama Mourinho justru diletakkan FIFA dalam Pelatih Terbaik 2010 untuk katagori laki-laki dibawah nama Vincente Del Bosque (Spanyol) dan Pep Guardiola (Barcelona.

"Aku telah memenangi semuanya," ujar The Special One seperti yang dilansir banyak media Italia. Dengan kemampuannya meraih tiga kemenangan sekaligus musim lalu saat bersama Inter, Mourinho merasa patut untuk mengklaim sebagai pelatih terbaik. dirinya bahkan melontarkan bahwa dirinya lebih baik dari pelatih Spanyol, Del Bosque.

"Sebelas bulan kerja, 57 pertandingan, tiga gelar termasuk gelar terpenting dari semuanya, Liga Champions," kata pria kelahiran Portugal 47 tahun yang lalu ini.

FIFA Ballon d'Or 2010, penghargaan bergengsi yang diberikan kepada pemain dan pelatih terbaik setiap tahunnya. Hingga 2009 lalu, trofi Ballon d'Or atau Bola Emas dianugerahkan oleh sebuah majalah olahraga Perancis, France Football, sementara FIFA mendapat peran untuk memilih daftar pemain terbaik dunia di tahun tersebut.

Mulai tahun ini berbeda. Penghargaan Ballon d'Or 2010 dan FIFA World Player of the Year sudah disatukan. Daftar tiga nama pemain dan pelatih terbaik diambil dari voting kepada perwakilan pelatih klub, kapten tim nasional, dan jurnalis seantero dunia yang dianggap representatif.

Sumber kemarahan Mourinho bisa dilihat di situs resmi FIFA Ballon d'Or 2010. Selain kandidat Pelatih Terbaik 2010, pria dan perempuan, juga dicantumkan tiga nama Pemain Terbaik 2010: Andres Iniesta (Spanyol) diurutan teratas, disusul Lionel Messi (Argentina), dan Xavi Hernandez (Spanyol).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement