Sabtu 19 Mar 2011 22:37 WIB

Pertandingan Amal, Bintang-bintang Jepang Pulang

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO--Klub-klub Eropa mengizinkan delapan pemain Jepang untuk pulang dalam rangka pertandingan amal untuk menggalang dana dan mengangkat kembali moral bangsa Jepang setelah dilanda gempa dan tsunami, demikian diumumkan oleh pejabat sepak bola Jepang.

Asosiasi Sepak Bola Jepang mengatakan bahwa mereka memperkirakan akan ada empat bintang lainnya yang juga akan bergabung, termasuk bintang piala dunia mereka yang sekarang bermain untuk CSKA Moscow, Keisuke Honda, dalam pertandingan yang akan diadakan pada 29 Maret mendatang yang mempertemukan tim nasional Jepang, yang juga dikenal dengan nama the Blue Samurai, dan tim J-League Selection yang akan diisi oleh pemain-pemain terpilih liga Jepang.

Pelatih Jepang Alberto Zaccheroni dalam pesan sebelumnya mengatakan bahwa dia mengharapkan pertandingan para bintang itu akan dapat "membantu seluruh warga Jepang meringankan langkah mereka ke arah pembangunan kembali negara itu".

"Pertandingan ini mungkin diadakan dalam keadaan yang tidak seperti biasanya, tetapi kami akan bertarung habis-habisan seperti biasanya dengan tetap mempertahankan motivasi yang tinggi," kata mantan pelatih AC Milan itu yang telah berhasil membawa Jepang menciptakan rekor menjadi juara Piala Asia empat kali Januari lalu.

Pemain bertahan Inter Milan Yuto Nagatomo, dan pemain tengah Wolfsburg yang juga kapten tim Jepang Makoto Hasebe adalah di antara bintang yang mengkonfirmasikan kesiapan mereka untuk bertanding hari itu. Honda, pemain bertahan Schalke Atsuto Uchida, penyerang Stuttgart Shinji Okazaki dan pemain tengah Augsburg Hajime Hosogai sedang menunggu izin klub mereka masing-masing untuk bermain pulang.

Klub-klub Eropa -- yang mengikat kontrak dengan sejumlah pemain Jepang semenjak "Blue Samurai" berhasil mencapai babak 16 besar Piala Dunia tahun lalu -- telah menyampaikan rasa simpati mereka bagi para korban gempa 11 Maret lalu. Getaran gempa berkekuatan 9.0 pada skala richter, dan yang memicu sebuah tsunami mengerikan, telah merenggut korban 18.600 orang, yang meninggal atau hilang, dan memicu sebuah kondisi darurat pada pembangkit listrik tenaga nuklir di sebelah timurlaut Tokyo.

Jepang sebenarnya telah merencanakan suatu pertandingan persahabatan melawan Selandia Baru di Tokyo, 250 kilometer dari fasilitas nuklir yang tengah lumpuh itu, pada 29 Maret mendatang yang merupakan tanggal pertandingan internasional yang telah disetujui FIFA. Namun tim Selandia Baru kemudian memilih membatalkan pertandingan itu dengan alasan keamanan meskipun Asosiasi Sepak Bola Jepang telah menawarkan untuk memindahkan tempat pertandingan sejauh 400 kilometer ke daerah Osaka.

Berikut susunan tim Jepang dengan pemain-pemain yang telah memberi konfirmasi keikutsertaan mereka:

Kiper: Eiji Kawashima (Lierse/Belgia)

Bek: Yuto Nagatomo (Inter Milan/Italia), Tomoaki Makino (Cologne/Jerman), Maya Yoshida (VVV Venlo/Belanda)

Pemain Tengah: Yuki Abe (Leicester City/Inggris), Makoto Hasebe (Wolfsburg/Jerman)

Penyerang: Daisuke Matsui (Grenoble/Prancis), Akihiro Ienaga (Mallorca/Spanyol)

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement