Sabtu 27 Aug 2011 05:24 WIB

Barcelona Juara Piala Super Eropa

David Villa-Fabregas dan tropi Piala Super Eropa
Foto: AP
David Villa-Fabregas dan tropi Piala Super Eropa

REPUBLIKA.CO.ID,MONACO--Cesc Fabregas mencetak gol pertama untuk Barcelona ketika klub papan atas Spanyol tersebut mengalahkan FC Porto 2-0 untuk merebut gelar juara Piala Super Eropa, Jumat (Sabtu WIB). Lionel Messi kembali membuktikan diri sebagai pemain paling produktif ketika mencetak gol pada menit ke-39, sebelum Fabregas yang baru direkrut dari Arsenal dengan nilai transfer 29 juta ero memperbesar keunggulan menjadi 2-0 ketika pertandingan hanya tersisa dua menit lagi.

 

Bagi Barcelona, gelar juara tersebut adalah untuk yang kedua hanya dalam satu minggu setelah sebelumnya tampil sebagai juara Piala Super Spanyol. Pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Louis II itu, Porto, juara Liga Europa musim lalu, terpaksa bermain dengan sembilan pemain pada menit-menit terakhir menyusul kartu merah yang diterima Rolando dan Fredy Guarin.

Gol pertama Fabregas untuk Barcelona, terjadi setelah mantan kapten Arsenal itu dengan tenang menerima menerima umpan matang Messi di depan kotak penalti dan kemudian menaklukkan kiper Helton.

Bagi Fabregas, gol tersebut juga adalah yang pertama sejak ia menyumbang satu gol untuk Arsenal saat mengalahkan Huddersfield di Piala FA pada Januari lalu. Gol pertama Barcelona berawal dari lapangan tengah ketika pemain Porto kehilangan bola sehingga Messi dengan leluasa berhasil menggiring bola sendirian untuk menaklukkan kiper Helton.

FC Porto, yang sebelum dikalahkan Barcelona mencatat rekor fantastis di kompetisi domestik karena tidak pernah mengalami satu pun kekalahan, setidaknya memiliki dua peluang gol pada babak pertama, keduanya melalui tendangan bebas Hulk, penyerang asal Brazil yang telah menyumbang 35 gol untuk klub asal Portugal itu. 

Porto yang sekarang dilatih Vitor Pereira setelah Andre Villas-Boas direkrut Chelsea, tampil cukup meyakinkan pada awal pertandingan dan hampir saja menjebol gawang Victor Valdes melalui tendangan keras Fredy Guarin.

Alexis Sanchez, pemain asal Cile yang juga baru direkrut Barcelona dengan kontrak senilai 26 juta ero dan dimainkan sebagai cadangan bersama Fabregas, nyaris mencetak gol ketika tendangan melingkarnya melebar dari tiang gawang.

Pada menit-menit terakhir pertandingan, Porto harus bermain dengan sembilan pemain setelah Rolando mendapat kartu merah menit ke-86 akibat melakukan pelanggaran terhadap Messi, kemudian disusul oleh Gurain yang mengganjal Javier Mascherano menit ke-90.

 

sumber : antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement