Selasa 23 Oct 2012 20:30 WIB

Teknologi Garis Gawang Kantongi Persetujuan FIFA

Teknologi garis gawang Hawk Eye yang diperkenalkan di Inggris
Foto: thefa.com
Teknologi garis gawang Hawk Eye yang diperkenalkan di Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, ZURICH -- Penyedia teknologi garis gawang "GoalRef" dan "Hawk Eye" (mata elang) sedang dalam proses otorisasi untuk memasang sistem itu ke seluruh dunia setelah mengantongi persetujuan lisensi dari asosiasi persatuan sepak bola internasional (FIFA), Selasa (23/10).

Pengumuman tersebut datang setelah FIFA mencari sistem yang akurat untuk menentukan bola melintasi garis gawang atau belum.

"Antara Oktober 2011 dan Juni 2012, dua perusahaan telah melewati serangkaian uji laboratorium dan percobaan lapangan baik pertandingan simulasi ataupun laga nyata," demikian pernyataan FIFA.

"Ini adalah tonggak awal dari proses pengembangan teknologi garis gawang yang dimulai pada 2011. Hal tersebut berarti pengembang "GoalRef" dan "Hawk Eye" telah resmi memiliki ijin memasang sistem teknologi mereka keseluruh dunia."

Badan legislator aturan sepak bola (IFAB) menyetujui penggunaan teknologi itu pada Juli seiring terjadinya wasit yang tidak dapat memastikan bola yang melewati garis gawang.

FIFA menyatakan teknologi "GoalRef" dan "Hawk Eye" harus melewati uji kelayakan saat digunakan untuk satu gawang sebelum keduanya dimanfaatkan untuk pertandingan resmi. "Sekali sistem itu dipasang di stadion maka teknologi itu harus dipastikan berfungsi dengan baik."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement