Senin 07 Oct 2013 11:30 WIB

13 Tahun Lalu, Kevin Keegan Mundur Sebagai Pelatih Inggris

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Karta Raharja Ucu
13 Tahun Lalu, Kevin Keegan Mundur Sebagai Pelatih Inggris
Foto: the guardian
13 Tahun Lalu, Kevin Keegan Mundur Sebagai Pelatih Inggris

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Hari ini, 13 tahun lalu, tepatnya 7 Oktober 2000 adalah hari bersejarah bagi Timnas Inggris. Sebab, saat itu Kevin Keegan secara mengejutkan mengundurkan diri sebagai pembesut The Three Lions.

Keegan ditunjuk sebagai pelatih Timnas Inggris pada 1999, namun karena kecewa dengan kekalahan 0-1 atas Jerman di kualifikasi Piala Dunia 2002, ia memutuskan meletakkan jabatan.

Alasan lain Keegan mundur lantaran ia kecewa kepada media-media Inggris yang membocorkan skuat inti Inggris sebelum pertandingan. Hal itu menurut Keegan merugikan Inggris dan menguntungkan lawan.

Setelah memberikan evaluasi kepada pemainnya di ruang ganti, Keegan menyatakan mundur. Keputusan itu membuat Federasi Sepak Bola Inggris (FA) terkejut. Ketua FA, David Davies mencoba membujuknya, tapi Keegan keukeuh ingin mundur.

FA tak bisa berbuat banyak, saat itu juga mereka mengabulkan permintaan Keegan dan langsung menggelar konferensi pers.

Pria berusia 62 tahun itu mengawali tugasnya sebagai manajer timnas Inggris saat kualifikasi Euro 2000 dengan kemenangan 3-1 atas Polandia. Namun, Inggris dengan cepat tersingkir di babak penyisihan grup.

Setelah mundur dari manajer the Three Lions, Keegan sempat membesut Manchester City (2001-2005) dan Newcastle (2008). Berdasarkan statistik, Keegan menjadi salah satu manajer paling sukses yang membawa The Three Lions. dengan persentase kemenangan 38,9 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement