Rabu 14 May 2014 06:06 WIB

Tanggal Ini, Klub Rumania Dinamo Bucuresti Terbentuk

Rep: C56/ Red: Didi Purwadi
Dinamo Bucuresti
Foto: www.dinamofan.deviantart.com
Dinamo Bucuresti

REPUBLIKA.CO.ID, BUKARES -- Hari ini, enam setengah dekade yang lalu, tepatnya 14 Mei 1948, merupakan hari bersejarah bagi klub sepak bola Rumania, Dinamo Bucuresti. Sebab, hari ini merupakan tanggal di mana klub ini mulai terbentuk.

Berawal dari dua klub berbeda, yaitu Unirea Tricolor dan Cicoanul atau dikenal dengan Maccabi Bucuresti. Pemerintah Komunis Rumania yang waktu itu memimpin, mampu mengendalikan kedua klub ini. Entah dengan alasan apa akhirnya pemerintah menyatukan klub ini dan memebuat nama baru yaitu, Dinamo Bucureşti.

Di musim pertamanya, penggabungan dua klub ini memang belum menunjukkan tajinya. Pada perhelatan Liga Rumania tahun 1948-1949, Dinamao Bucuresti hanya menempati posisi kedelapan di akhir musim.

Namun diawali raihan juara yang mereka dapat pada tahun 1955, mulai dari situlah gelar demi gelar berdatangan ke markas Dinamo Bucuresti. Bahkan sampai saat ini, Dinamo menjadi klub Rumania terbaik dengan raihan gelar terbanyak.

Klub berwarna dominan merah putih ini mencapai puncak kejayaan mereka saat Dinamo mampu menembus babak semifinal Liga Champions pada tahun 1983-1984.

Meski terdengar telah sangat lama, namun faktanya memang baru Dinamo lah yang menjadi klub sepak bola pertama Rumania dimana mereka mampu menembus semifinal Liga Champions.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement