Jumat 23 Dec 2016 11:34 WIB

Steaua Bucharest Terancam Harus Ganti Nama

Rep: Febrian Fachri/ Red: Israr Itah
Steaua Bucharest
Foto: 1.bp.blogspot.com
Steaua Bucharest

REPUBLIKA.CO.ID, BUCHAREST -- Klub besar Rumania Steaua Bucharest terancam sanksi terdegradasi ke divisi empat Liga Rumania. Juara Liga Champions 1986 tersebut baru saja kalah di pengadilan oleh Kementerian Pertahanan Rumania.

Klub berjuluk the Army Men tersebut diperkarakan ke pengadilan oleh Kementerian Pertahanan Rumania karena dianggap secara ilegal menggunakan nama klub yang dibentuk oleh organisasi militer negara tersebut. Padahal sejak 1998, Steaua sudah tak lagi berafiliasi dengan militer, melainkan menjadi milik pengusaha sekaligus politikus Rumania George Becali.

Dikutip dari Reuters, Jumat (23/12), pengadilan memutuskan menghukum kolektor 26 juara Liga Rumania itu dengan terdegradasi ke divisi empat amatir. Dan, Steaua diharuskan membayar uang ke Kementerian Pertahanan sebanyak 40 juta euro (Rp 562 miliar).

Becali yang langsung turun menangani kasus ini tak terima dengan keputusan pengadilan. Mantan politikus Partai Christian Demokrat dan Partai Nasional Liberal tersebut ingin mengajukan banding. Menurut dia, putusan pengadilan sangat merugikan Steaua dan terancam membuat the Red and Blues bangkrut.

“Ini ketidakadilan yang sangat besar,” kata Becali.

Politikus kontroversial itu juga mengancam akan mengganti nama klub andai pengadilan tak mengabulkan banding yang mereka ajukan. Becali tak mau melihat klub yang sudah ia danai selama belasan tahun tersebut berkompetisi dengan klub-klub amatir.

Nama yang ia persiapkan untuk menggantikan nama Steaua Bucharest adalah FC Sport Becali.

“Saya yakin pendukung Steaua akan mendukung saya,” ucap Becali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement