Selasa 02 Dec 2014 11:45 WIB

Ini Daftar Pesepak Bola Paling Setia

Rep: C12/ Red: Didi Purwadi
Paolo Maldini
Foto: theoffside.com
Paolo Maldini

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Pesepakbola veteran dan mantan pemain di klub AC Milan, Paolo Maldini, merajai 10 besar pesepakbola yang dianggap loyal dan setia kepada klubnya.

Seperti dilansir dari Gazetta, Caughtoffside.com telah menyusun daftar 10 pemain terloyal dari klub-klub besar. Konsep kesetiaan memang agak sulit didefisinikan.

Namun, penentuan itu tidak didasarkan pada sentimental pada seorang pemain. Karena itu, penentuan tersebut dilihat dari sisi kepindahan seorang pemain ke klub lain dan seberapa besar pengaruh perannya kepada seluruh pemain saat di lapangan.

Berikut ini adalah 10 pemain terloyal seperti dilansir dari Gazetta.

1. Paolo Maldini (AC Milan). Maldini menjadi kapten Milan selama 15 tahun sekaligus menjadi legenda sepakbola. Ia juga menjadi pemain bek terbaik di Milan dari yang pernah ada.

2. Ryan Giggs (Manchester United). Pemain bernomor punggung 11 ini gantung sepatu pada Mei tahun ini. Ia sudah membela Setan Merah selama 23 tahun, sejak usia 17 tahun pada 1991.

Total ia bermain sebanyak 963 kali untuk United. Sepanjang karir, ia membantu United menjuarai 13 kali Liga Primer dan dua kali menjuarai Liga Champions.

3. Carles Puyol (Barcelona). Puyol telah menjadi kapten Barca paling lama, terhitung sejak 2004.

4. Xavi Hernandez (Barcelona). Xavi telah menjadi pondasi bagi salah satu tim terbaik di dunia dan salah satu gelandang terbaik di dunia. Ia menjadi kapten Barcelona setelah kepergian Puyol.

5. Steven Gerrard (Liverpool). Gerrard menolak banyak tawaran yang bisa menguntungkan klubnya. Tanpa Gerrard, Liverpool menjadi tim yang sulit dibayangkan.

6. Francesco Totti (Roma). Totti menjadi kapten dan pemain yang sangat dihormati bak pahlawan oleh para fans setia klub yang bermarkas di Roma itu.

7. Paul Scholes (Manchester United). Julukan "Silent Hero" melekat pada dirinya. Sebab, ia pendiam dan enggan untuk diwawancarai. Namun, kini ia berbicara banyak menjadi komentator di media. Ia dianggap menjadi pemain lini tengah terbaik di generasinya.

8. John Terry (Chelsea). Tanpa Terry, pertahanan The Blues akan mudah ditembus. Ia bukan hanya sebagai bek di timnya, tapi juga pemimpin atau legenda untuk timnya.

9. Lev Yashin (Dynamo Moscow). Ia hampir secara internasional dianggap sebagai kiper terbaik sepanjang masa. Ia telah menghabiskan seluruh karirnya di tim Moskow dan juga satu-satunya yang berperan untuk memenangkan Golden Ball.

10. Iker Casillas (Real Madrid). Mungkin ia adalah gerbang yang paling sulit ditembus. Kiper yang juga mengantarkan juara dunia bersama negaranya, Spanyol, pasti telah berperan besar dalam satu dekade terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement