Rabu 06 May 2015 04:01 WIB

Juventus Menang Tipis 2-1 Atas Madrid

Rep: c08/ Red: Agung Sasongko
Juventus
Foto: AP
Juventus

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Juventus berhasil menang dengan skor tipis 2-1 dari tim tamu Real Madrid pada laga semi final leg pertama Liga Champions yang digelar di Juventus Stadium, Rabu (6/5) dini hari.

Di babak kedua, Carlos Tevez berhasil membawa Juventus unggul di menit 58 melalui titik putih. Insiden berawal dari serangan balik cepat yang dilakukan oleh Carlos Tevez. Daniel Carvajal yang berusaha mengawal Tevez terpaksa menghentikan pemain asal Argentina tersebut melalui pelanggaran di kotak penalti.

Tevez yang maju sebagai eksekutor dengan tuntas menghujam gawang Madrid yang dikawal Iker Casillas untuk membuat Juve unggul.  Sejak terciptanya gol oleh Tevez, Juve masih saja melakukan tekanan-tekanan untuk memperjauh agregat.

Namun, karena upayanya tak lagi membuahi hasil, Juventus pun mulai mengendorkan serangan dan terlohat lebih konsentrasi bertahan. Lini belakang Juventus pun semakin diperkuat saat Alegri memasukkan Andrea Barzagli untuk menggantikan Stefano Sturaro.

Lini belakang Juventus pun terlihat efektif karena barisan penyerang Madrid yang sudah memasukkan Javier 'Chicarito' Hernandez kesulitan menembus kotak penalti Juventus. Madrid terlihat mengurung pertahanan Juventus di akhir-akhir laga. Namun, kedisiplinan lini belakang Si Nyonya Tua tak dapat ditembus.

Juventus pun juga sesekali melakukan serangan balik melalui Tevez dan Moratta. Namun, upaya keduanya dengan mudah diamankan oleh pertahanan Madrid karena tidak adanya sokongan dari lini kedua Juventus.

Di babak injury time, Juventus sekali lagi membuat peluang emas. Tendangan bebas yang dieksekusi Andrea Pirlo membuat sebuah kemelut yang hampir saja dapat dimanfaatkan oleh Fernando Llorente yang baru saja masuk menggantikan Moratta. Namun, Casillas dengan sigap masih dapat mengamankan bola.

Hingga peluit panjang berakhir, skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Juventus. Hasil ini cukup memberi angin segar bagi anak asuh Max Alegri untuk dapat mengamankan tiket final Liga Champions yang terakhir kali dirasakan Juventus pada 2003 lalu.

Namun, keunggulan 2-1 belum cukup aman bagi Juventus. Pasalnya satu gol tandang yang diciptakan Ronaldo pada menit 27 cukup member efek positif bagi peluang Madrid. Sebab anak asuh Carlo Ancelotti hanya membutuhkan minimal 1-0 saat leg kedua yang akan dijalani di kandang Madrid di stadion Santiago Bernabeu pekan depan.

Baik, Alegri maupun Ancelotti tentu akan bekerja keras untuk menatap leg kedua untuk mengejar impian mengangkat ‘si kuping besar’ di final yang akan diselengarakan di Berlin di akhir Mei nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement