Rabu 24 Jun 2015 20:17 WIB

Fran Kirby Disandingkan dengan Messi

Rep: c04/ Red: Fernan Rahadi
Fran Kirby
Foto: thefa.com
Fran Kirby

REPUBLIKA.CO.ID, Usai membantu timnas Inggris memenangkan pertandingan Piala Dunia Wanita 2015, Ahad (14/6), melawan Meksiko, Fran Kirby seringkali disebut sebagai 'Mini Messi'. Hal tersebut disampaikan langsung oleh sang pelatih Mark Sampson di beberapa kesempatan usai laga.

Bagi Sampson, apa yang telah dilakukan oleh Kirby adalah hasil yang positif bagi skuatnya. Selain itu ia juga mengaku sangat puas dengan kinerja timnya. "Mini Messi, Fran Kirby telah berhasil mencetak gol dan membawa kemenangan bagi kami, " kata Sampson, sepert dilansir BBC Sport.

"Para pemain, secara khusus meningkatkan performa mereka pada saat-saat penting, salah satunya datang dari Fran," tambah sang pelatih.

Jauh sebelum berhasil mencetak gol kemenangan bagi timnas Inggris, Fran Kirby juga sering disebut sebagai salah satu pemain yang memiliki bakat terbaik di Inggris. Bakatnya tersebut sudah terlihat ketika umurnya belum mencapai usia 17 tahun.

Namun ia sempat mengalami depresi karena masalah pribadi dan absen dalam kegiatan sepak bola selama dua tahun. Baru di usia 19 tahun, ia kembali dipanggil oleh tim Reading untuk kembali merumput.

Hasilnya tidak mengecewakan. Ia mencetak lebih dari satu gol per laga dan jadi sosok penting bagi Reading. Musim 2012/2013 lalu, ia menjadi top skorer FA Women's Premier League Southern Division atau kompetisi kasta ketiga liga sepak bola wanita di Inggris dengan raihan 32 gol dalam 21 laga. Ia juga membawa Reading promosi ke kasta kedua pada musim yang sama.

Beberapa tawaran dari klub yang lebih besar bahkan menghampirinya. Tetapi Kirby masih belum memberikan jawaban. Hingga saat ini, wanita kelahiran Reading 29 Juni 1993 silam itu masih menjadi satu-satunya pemain timnas Inggris yang bermain di tim kasta kedua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement