Selasa 05 Jan 2016 13:06 WIB

Pantaskah Madrid Mendepak Benitez? Ini Perjalanan Karier Rafael Benitez

Rep: C31/ Red: M Akbar
Rafael Benitez
Foto:

Benitez mulai bersinar saat memulai petualangan karier kepelatihannya di klub Spanyol, Valencia. Benitez berhasil membawa Valencia memenangkan titel La Liga pada musim 2001/2002. Tak hanya itu, the Oranges menyabet gelar La Liga dan Liga Europa pada 2004.

Tepat 16 Januari 2004, Benitez mendapat kesempatan melatih klub legendaris Inggris, Liverpool. Ketika itu, ia menjadi pelatih berdarah Spanyol pertama yang mengarsiteki klub Liga Inggris.

Pada saat itu, Benitez langsung memberikan gelar paling dramatis bagi Liverpool ketika mempersembahkan trofi Liga Champions 2005 dalam debutnya. Kemenangan di kompetisi paling elite di Benua Eropa itu setelah Liverpool mampu bangkit dari defisit tiga gol dan menaklukkan AC Milan melalui drama adu penalti. Dua musim berturut-turut, ia kemudian dinobatkan oleh UEFA sebagai pelatih terbaik.

Bahkan, the Reds memenangkan Piala FA tahun 2006 dan mencapai final Liga Champions pada 2007. Namun, kemenangan yang diraih Benitez dan the Reds kurang lengkap sebab Liverpool masih belum mampu memenangkan Liga Primer. Mereka berhasil finis di posisi kedua pada musim 2008/2009.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement