Jumat 25 Mar 2016 20:19 WIB

Van Basten: Johan Cruyff Idola Saya!

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Citra Listya Rini
Johan Cruyff
Foto: AP/Manu Fernandez
Johan Cruyff

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Mantan penyerang timnas Belanda, Marco van Basten tidak sungkan melabeli Johan Cruyff sebagai idolanya. Cruyff yang meninggal pada Kamis (24/3) lalu karena penyakit kanker paru paru disebut Basten sebagai inspirasinya dalam hal mencintai sepakbola.

"Johan selalu menjadi idola, saya menonton Ajax yang menguasai Eropa di tahun 1970 dengan pemain hebat seperti Ruud Krol, Johan Neeskens, Sjaak Swart dan tentunya Cruyff. Mereka memenangkan tiga kali Piala Eropa secara beruntun dan itu sangat fantastik," kata Van Basten seperti dilansir FourFourTwo, Jumat (25/3)

Secara khusus, Van Basten mengenang saat pertama kali ia bertemu Cruyff. Menurutnya saat itu adalah momen yang tidak pernah terlupakan dalam perjalanan hidupnya.

"Saya berumur 15 tahun waktu itu, ia menuruni tangga dan saya dalam posisi akan naik. Saat itu ada dorongan untuk menjabat tangannya dan mengatakan padanya agar megingat nama saya. Namun saya tidak jadi melakukan itu karena saya menaruh rasa hormat yang sangat besar kepadanya." ujar Van Basten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement