Sabtu 23 Apr 2016 05:24 WIB

ACL, Hantu Cedera Pemati Karier Olahragawan?

Rep: Muhammad Iqbal/ Red: Citra Listya Rini
Claudio Marchisio
Foto: AP
Glenn Murray

Pada awal musim ini, di kancah Liga Primer Inggris, sampai 16 Oktober 2015, tercatat enam nama yang menderita cedera ACL. Mereka adalah penyerang Liverpool Danny Ings dan rekan setimnya Joe Gomez, penjaga gawang Newcastle United Tim Krul serta trio Bournemouth yakni Tyrone Mings, Callum Wilson, dan Max Gradel.

Cedera mereka memantik diskusi di kalangan penikmat Liga Primer Inggris. Tak terkecuali Glenn Murray. Murray merupakan rekan setim trio Bournemouth. Menurut Murray, yang absen sembilan bulan akibat cedera ACL, lapangan adalah penyebabnya.

“Model baru dari lapangan di stadion harus disalahkan,” kata Murray dilansir the Telegraph. Selain faktor lapangan, sepatu pemain pun jadi sasaran.

Uniknya, keenam pemain tersebut mengenakan sepatu buatan pabrikan Nike. Perinciannya, Ings dan Gradel mengenakan Mercurial Vapor X, sedangkan Mings, Wilson, Gomez, dan Krul memakai Magista.

Namun, analisis tersebut dibantah oleh Ben Dinnery, analis dari laman premierinjuries. “Tidak ada yang menyebut ada masalah dengan sepatu dan tentu saja bukan Nike,” katanya di Daily Mail.

Faktor lain yang menyeruak adalah padatnya jadwal yang harus dilakoni para pemain. Konsekuensinya, cedera begitu mudah menghampiri.

Cedera Krul, Ings, dan Gomez, hadir ketika mereka sedang menjalani laga bersama tim nasional. Padahal, di kancah domestik, jadwal sedang ramai-ramainya.

Ada juga yang berpandangan semua ini hanya kebetulan. “Cedera adalah bagian dari sepak bola dan ini selalu muncul,” kata seorang sumber di industri sepatu sepak bola dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement