Rabu 08 Jun 2016 09:58 WIB

AS Jaga Asa Lolos Usai Bungkam Kosta Rika

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah
Bintang AS Clint Dempsey mengontrol bola saat melawan Kosta Rika.
Foto: REUTERS/Mike DiNovo-USA TODAY Sports
Bintang AS Clint Dempsey mengontrol bola saat melawan Kosta Rika.

REPUBLIKA.CO.ID, CHICAGO -- Amerika Serikat berhasil mengantongi kemenangan perdana mereka di Grup A Copa America Centenario usai membungkam Kosta Rika 4-0 di Soldier Field Stadium, Rabu (8/6).

Skuat asuhan Jurgen Klismann menjaga asa untuk bisa lolos ke babak berikutnya setelah sebelumnya ditaklukkan Kolombia 0-2.

Keempat gol AS diciptakan oleh Clint Dempsey, Jermaine Jones, Shou Wood dan Graham Zusi.

Kosta Rika sebenarnya mempunyai penguasaan bola dan peluang lebih banyak dibandingkan Amerika Serikat. Mereka mendominasi dengan 59 persen penguasaan bola. 

Namun, AS yang bertindak sebagai tuan rumah lebih bisa memanfaatkan kesempatan. AS punya 12 peluang berbanding tujuh milik Kosta Rika. 

Sempat menekan pada awal-awal laga, Kosta Rika justru harus tertinggal ketika pemain AS Bobby Wood, jatuh di kotak terlarang pada menit ketujuh. Hdiah penalti diberikan kepada AS meskipun para pemain Kosta Rika sempat melancarkan protes.

Dempsey yang menjadi eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan untuk membuat timnya unggul pada menit kesembilan.

Pada menit ke-37, giliran Dempsey menjadi kreator gol kedua AS. Umpan dia diselesaikan Jones lewat tembakan kaki kanan dari luar kotak penalti dan bersarang di pojok gawang Kosta Rika.

Lima menit berselang, giliran Wood yang memanfaatkan umpan Dempsey. Tendangan dia tak kuasa ditahan oleh kiper Patrick Pemberton. Skor 3-0 untuk keunggulan AS.

Pertandingan ini berlangsung keras. Wasit kerap meniup peluit lantaran terjadinya pelanggaran. Bahkan, Marco Urena harus ditandu keluar pada menit ke-18 lantaran cedera.

Pada babak kedua, sejumlah peluang dimiliki kedua tim. Namun, baru tiga menit menjelang akhir pertandingan, ada gol yang tercipta. Zusi menggenapkan kemenangan AS menjadi 4-0 atas Kosta Rika.  

Amerika Serikat sementara berada di posisi pertama Grup A dengan tiga poin, berbagai angka sama dengan Kolombia yang saat bertanding melawan Paraguay.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement