Jumat 17 Jun 2016 10:57 WIB

Amerika Serikat Tim Pertama Lolos ke Semifinal Usai Bungkam Ekuador

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

REPUBLIKA.CO.ID, SEATTLE -- Amerika Serikat berhasil lolos ke babak semifinal Copa Centenario 2016 usai mengalahkan Ekuador di Centurylink Field, Seattle, Jumat (17/6) pagi WIB. Skuat asuh Juergen Klinsmann tersebut berhasil menang dengan skor akhir 2-1.

Gol kemenangan AS dicetak melalui sundulan Clint Dempsey pada menit ke-22 serta Gyasi Zardes pada menit ke-65. Sedangkan LA Tricolor hanya mampu membalas melalui sepakan Michael Arroyo dari luar kotak penalti.

Sama-sama berambisi untuk melenggang ke babak semifinal, AS maupun Ekuador sama-sama memulai pertandingan dengan tempo yang tinggi.

Pada menit-menit awal, kerja sama Enner Valencia dan Antonio Valencia menjadi ancaman yang nyata di lini pertahanan AS, namun berkat kesigapan Brad Guzan tidak ada gol yang tercipta dari peluang-peluang tersebut.

AS tidak tinggal diam atas dominasi Ekuador. Mereka mulai melancarkan serangan balik dan mulai membuat pertandingan kembali berimbang. Usaha Amerika akhirnya berbuah manis pada menit ke-22.

Berawal dari umpan lambung Jermaine Jones, Clint Dempsey yang berada tepat di depan gawang sukses menyundul bola yang tidak bisa dijangkau oleh Alexander Dominguez. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan AS.

Usai tertinggal satu gol, Ekuador menaikkan tempo permainan mereka untuk mengejar ketertinggalan. Beberapa peluang tercipta di sisa babak pertama ini, namun kedudukan 1-0 tidak berubah hingga wasit meniupkan peluit tanda berakhirnya babak pertama.

Memasuki interval kedua intensitas pertandingan tidak menurun sekembalinya para pemain dari ruang ganti. Kondisi di Centurylink Field malah semakin memanas tujuh menit berselang saat Wasit Wilmar Roldan mengusir Antonio Valencia dan Jermaine Jones setelah Valencia menjegal Alejandro Bedoya dan Jones dianggap melakukan provokasi usai insiden tersebut.

Meski sama-sama bermain dengan 10 pemain, kedua tim tidak menunjukan penurunan intensitas permainan. Pada menit 65, tim berjuluk The Stripes and Stars ini sukses menggandakan keunggulan setelah umpan tarik Clint Dempsey diselesaikan dengan sempurna oleh Gyasi Zardes. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Amerika Serikat.

Tertinggal dua gol tidak membuat Ekuador patah semangat. Sepuluh menit usai gol Zardes, Ekuador sukses memperkecil kedudukan setelah sepak pojok mendatar Walter Ayovi sukses disambar oleh Michael Arroyo. Sayang Ekuador tak mampu menambah gol lagi.

Berkat hasil ini, the Yanks sukses menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Copa America yang digelar di rumah mereka sendiri. Namun AS akan menghadapi lawan berat, pemenang laga Argentina kontra Venezuela di semifinal nanti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement