Sabtu 22 Oct 2016 23:14 WIB

Penalti Menit Akhir Messi Bawa Barcelona ke Puncak Klasemen

Lionel Messi (kanan) dijaga pemain Valencia Enzo Perez.
Foto: REUTERS/Heino Kalis
Lionel Messi (kanan) dijaga pemain Valencia Enzo Perez.

REPUBLIKA.CO.ID, VALENCIA -- Barcelona berhasil mengudeta Atletico Madrid dari puncak klasemen La Liga. Blaugrana mendapat tambahan tiga poin usai menaklukkan Valencia 3-2 dalam laga kesembilan La Liga di Stadion Mestalla, Sabtu (22/10). Kemenangan ini sangat dramatis karena ditentukan oleh penalti Lionel Messi beberapa saat sebelum laga berakhir.

Tambahan tiga poin membuat Lionel Messi dkk menjadi pemuncak klasemen sementara dengan dengan nilai 19, unggul satu poin dari Atletico Madrid yang baru akan melakoni pertandingan pada Ahad (23/10). Sementara Valencia tetap di posisi ke-15 dengan nilai sembilan.

Berlaga di Stadion Mestalla, Barcelona mendominasi penguasaan bola. Serangan demi serangan dilancarkan tim asuhan Luis Enrique sejak awal. Barcelona kehilangan Andres Iniesta yang cedera pada menit ke-14. Posisinya digantikan Ivan Rakitic.

Masuknya Rakitic ternyata memberikan keberuntungan bagi Blaugrana. Tujuh menit di lapangan, Rakitic melepas umpan matang kepada Messi setelah ruang tembaknya ditutup di kotak penalti Valencia.

Messi membuat gerakan mengecoh sebelum melepaskan tendangan yang melewati dua kaki bek Valencia Martin Montoya. Kiper Diego Alves melompat untuk mencegah bola tapi terlambat.

Alves kemudian memprotes keputusan wasit Alberto Undiano Mallenco yang mengesahkan gol pada menit ke-22 ini. Sebab Alves merasa pandangannya diganggu pergerakan Luis Suarez yang melompat membiarkan bola tendangan Messi lewat.

Alves dan sejumlah pemain Valencia lainnya menganggap Suarez dalam posisi offsie. Namun Undiano tetap mengesahkan gol yang menjadi satu-satunya pada babak pertama. 

Babak kedua, Valencia memberikan tekanan kepada Barcelona. Lewat sebuah serangan cepat dari sisi kanan, Dani Parejo mengirimkan bola ke depan kotak penalti Barcelona. Munir El Haddadi yang tak terjaga menyambut dengan tendangan kaki kiri untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-52. Munir yang dipinjamkan Barcelona ke Valencia memilih tak merayakan gol ini dan hanya berterima kasih kepada Parejo.

Menit ke-56, Valencia berbalik memimpin. Kali ini, Rodrigo berhasil menyelesaikan umpan cungkil Nani di kotak penalti. Lolos dari jebakan offside dan penjagaan bek Barcelona, Rodrigo dengan mudah menaklukkan kiper Marc Andre Ter Stegen.

Blaugrana yang tak mau dipermalukan cepat membalas pada menit ke-62. Berawal sepak pojok yang ditepis Alves, bola mengarah ke sisi kanan pertahanan Valencia. Suarez dengan kecepatan tinggi menyambut bola dan langsung melepaskan tendangan keras yang tak bisa disetop.

Laga sepertinya berakhir imbang karena injury time dua menit yang diberikan wasit Undiano hampir berakhir. Tapi 10 detik menjelang injury time usai, petaka datang bagi Valencia.  Bek Aymen Abdennour tak kuasa mencegah pergerakan cepat Suarez yang menerobos kotak penalti menyambut operan Messi. Undiano tak punya pilihan selain menunjuk titik putih.

Protes dari pemain Valencia membuat Messi baru bisa mengeksekusi pada menit ke-94. Ia mengarahkan bola ke kiri bawah. Alves yang terkenal piawai menahan penalti menebak dengan tepat, tapi hanya kalah sepersekian detik dengan laju bola untuk mncegah Barcelona membawa pulang tiga angka.

Pendukung Valencia yang kesal melempar botol minuman ke arah Messi dan rekan-rekannya yang merayakan gol kemenangan ini. Namun kejadian ini tak berbuntut panjang karena pihak keamanan dan pemain Valencia menenangkan pendukungnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement