Rabu 23 Nov 2016 07:16 WIB

Bruce Arena Gantikan Klinsmann Latih Timnas AS

Bruce Arena
Foto: AP
Bruce Arena

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON – Bruce Arena dibebani tanggung jawab untuk mengembalikan Amerika Serikat (AS) ke jalur yang benar pada kualifikasi Piala Dunia 2018, setelah ia ditunjuk menjadi pelatih kepala tim nasional AS. Demikian pertanyaan US Soccer pada Selasa (22/11). Arena, yang memiliki koleksi lima gelar Liga AS sebagai pelatih, menggantikan Juergen Klinsmann yang dipecat.

Arena bukan sosok asing bagi timnas AS. Ia merupakan arsitek tim itu pada 1998 sampai 2006. Disebut-sebut oleh banyak orang sebagai pelatih terhebat AS sepanjang masa, masa kerja Arena sebelumnya bersama timnas AS termasuk laju ke perempat final Piala Dunia 2002. Itu adalah asil terbaik negara Paman Sam, di Piala Dunia. “Ketika kami mempertimbangkan kandidat-kandidat yang memungkinkan untuk melatih timnas putra AS kali ini, Bruce berada di urutan teratas daftar,” kata Presiden US Soccer Sunil Gulati.

Arena kini mengambil alih timnas AS yang menghuni dasar klasemen di grup kualifikasi Piala Dunia zona CONCACAF. Pada akhir pekan lalu secara mengejutkan AS kalah dari Kosta Rika, setelah mereka sebelumnya juga kalah dari Meksiko. Pada masa kerja Arena dengan timnas AS, tim itu sempat melejit dari posisi ke-19 menuju posisi keempat di daftar peringkat FIFA dengan catatan 71 kemenangan.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement