Senin 16 Jan 2017 07:32 WIB
Piala Afrika 2017

Juara Bertahan Incar Kemenangan Perdana Grup C

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Andri Saubani
Pelatih Timnas Pantai Gading, Michel Dussuyer.
Foto: EPA/STR
Pelatih Timnas Pantai Gading, Michel Dussuyer.

REPUBLIKA.CO.ID, GABON -- Juara bertahan Pantai Gading bakal memulai partai perdana mereka di Piala Afrika 2017 melawan timnas Togo yang digelar di Stade d'Oyem, Gabon, Senin (16/1) pukul 23.00 WIB. Armada Michel Dussuyer diprediksi bakal menguasai jalannya pertandingan sekaligus mengantongi kemenangan pertama di Grup C.

Superioritas Pantai Gading pada Generasi Emas yang diperkuat sang legenda Didier Drogba mungkin telah memudar. Namun, mereka tetap menjadi salah satu tim yang difavoritkan kembali menjuarai gelaranan turnamen ini di bawah komando pelatih asal Prancis, Michel Dussuyer.

Sebelumnya Pantai Gading berusaha keras di babak grup musim 2015, mereka imbang dalam dua pertandingan awal sebelum mengalahkan Kamerun di pertandingan ketiga. Mereka melanjutkan dengan kemenangan meyakinkan dari Algeria dan Republik Kongo sebelum menang melalui adu penalti dengan Ghana di babak final dengan skor 9-8.

Sementara itu, kini tim berjuluk Les Elephants berada dalam Grup C bersama Maroko, RD Kongo, dan Togo. Kemenangan tentu menjadi harapan awal bagi Wilfred Zaha dkk untuk memetik langkah awal pada turnamen bergengsi di Negri 'Tanjung Harapan'. 

Pelatih Pantai Gading, Michel Dussuyer mengatakan bahwa timnya berada dalam kondisi yang baik jelang laga perdana melawan Togo malam nanti. Dia pun merasa menyesal bahwa Gervinho tak dapat berkontribusi di Piala Afrika tahun ini. "Kami kehilangan pemain penting. Namun, bagaimana pun kita harus tetap menatap pertandingan dan mencoba mempertahankan gelar tersebut untuk bisa mengulang kesuksesan," katanya dikutip Daily Mail, Ahad (15/1).

Adapun, penyerang mereka Wilfred Zaha menegaskan dirinya sudah tidak sabar membela negaranya, "Sekarang saya ingin bermain dengan Pantai Gading, karena saya bangga bermain di negara saya sendiri. Kami harus mengamankan kemenangan pertama melawan Togo," tegasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement