Sabtu 30 Sep 2017 06:24 WIB

Kapten Timnas Spanyol Kritik Pique Terkait Referendum

Gerard Pique
Foto: EPA/OLIVER WEIKEN
Gerard Pique

REPUBLIKA.CO.ID, MADRID -- Kapten timnas Spanyol Sergio Ramos mengkritik rekan setimnya di timnas Gerard Pique terkait penyampaian pendapatnya yang pro terhadap rencana referendum kemerdekaan Katalunya yang kontroversial, memicu perselisihan di tim sepekan sebelum dua laga penting di kualifikasi Piala Dunia.

Pique, yang kerap dicemooh oleh sebagian besar penggemar Spanyol karena komentar-komentar tajamnya terhadap Real Madrid dan dukungannya terhadap kemerdekaan Katalan, melontarkan cuitan yang mendukung referendum tanpa menyuarakan dukungannya terhadap pemisahan diri dari Spanyol, namun mendesak para penggemar untuk bersikap dengan menjunjung kedamaian.

Ramos belakangan mengkritik rekan setimnya karena terlibat perdebatan mengenai referendum, yang menurut pemerintah Spanyol merupakan tindakan ilegal dan telah berusaha untuk mencegahnya, ketika tensi meninggi di negara itu menjelang salah satu hari paling signifikan dalam 39 tahun sejak Spanyol kembali menerapkan sistem pemerintahan demokrasi.

"Cuitan Pique bukan hal terbaik untuk dilakukannya jika ia tidak ingin dicemooh," kata Ramos kepada para pewarta, Jumat (29/9).

Ramos dan Pique, yang merupakan sosok penting dalam rivalitas panas Real Madrid dan Barcelona, telah lama memiliki hubungan kurang baik sebagai dua bek tengah utama Spanyol namun mereka kerap mampu mengesampingkan berbagai perbedaan saat bermain untuk tim nasional.

Bagaimanapun, Ramos berpendapat bahwa Pique berisiko menimbulkan perpecahan di timnas Spanyol dengan komentar-komentarnya. "Mungkin cuitan itu bukan hal terbaik untuk grup," tambahnya.

"Semua orang bebas untuk mengatakan apa yang mereka pikirkan, meski sebagai seorang kapten saya selalu mencermati atmosfer di tim dan Pique tahu apa yang dilakukannya. Mungkin ini bukan saat yang tepat untuk melakukannya dan itu tidak banyak membantu."

Spanyol memulai persiapan-persiapannya untuk dua pertandingan terakhir kualifikasi Piala Dunia mereka pekan depan, menjamu Albania pada Jumat dan mengunjungi Israel pada Senin. Mereka memerlukan empat poin dari dua pertandingan untuk mengamankan tempat mereka di Rusia.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement